Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan akan Komputer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, sehingga tergolong menjadi kebutuhan pokok, dimana untuk menunjang berbagai aktivitas atau pekerjaan yang saat ini serba membutuhkan teknologi, mulai dari kalangan pelajar, kantoran, hingga penelitian. Semua itu dapat digolongkan menjadi beberapa kategori menurut kebutuhan, disini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih laptop sesuai kebutuhan.

 

1. Menentukan Spesifikasi

Menentukan spesifikasi adalah suatu hal yang tidak bisa dilewatkan agar kedepannya tidak menyesal dalam memilih. Kamu harus dahulu menentukan apa kebutuhan anda dan apa yang ingin anda lakukan dengan laptop tersebut, sekedar untuk mengerjakan beberapa hal seperti tugas kuliah atau pekerjaan, bahkan lebih dari itu seperti halnya kamu senang bermain game dan senang dengan hal-hal lain yang membutuhkan spesifikasi khusus untuk mengerjakan hal tersebut. Ada 3 tingkat penentuan spesifikasi, yaitu :

 

  • Standart

Untuk pemilihan standart bukan berarti tidak baik, tapi ada saja yang butuh hanya untuk pemakaian sewajarnya, seperti penggunaan office, email, browsing, dan juga untuk presentasi, tanpa banyak menggunakan aplikasi lainnya. Dan juga untuk kategori ini bukan berarti tidak perlu memerhatikan spesifikasi, untuk itu yang harus diperhatikan seperti :

– Processor (Pentium 4, Core 2 Duo)

– RAM (2 Gb)

– Harddisk (320 GB)

– Baterai (Usakahan memilih yang daya tahannya untuk Jangka Panjang)

Untuk kisaran Harga berada diantara 3 hingga 4 Jt an.

Untuk Spesifikasi ini biasanya cukup untuk kalangan seperti Pelajar, Pekerja atau Karyawan.

 

  • Lumayan

Kategori ini tergolong bagi pengguna aktif yang banyak menggunakan Aplikasi seperti Multimedia. Contoh : Desain Gambar atau Gaming, bahkan aplikasi aplikasi seperti membuat Music dan Animasi, sehingga hal ini membutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih tinggi. Berikut yang harus diperhatikan :

– Processor (Dual Core hingga Core i3)

– RAM (2 GB hingga 4 GB)

– Harddisk (500 GB)

– Baterai (Usakahan memilih yang daya tahannya untuk Jangka Panjang)

– VGA (Ini untuk menunjang kinerja pada tampilan Laptop nantinya, untuk VGA ada banyak pilihan namun sesuai merk dan type)

Harga dengan Spesifikasi ini biasanya berada di kisaran 4 Jt hingga 5,5 Jt an.

 

  • High Spec

Pada spesifikasi kategori ini, biasanya untuk pengguna yang tingkat kebutuhannya tinggi atau tergolong aktif seperti penggunaan Kreatif (Banyak menggunakan beberapa aplikasi untuk menunjang kegiatan atau kreasi). Dan juga para pengguna Maniak atau Hobby (Design Grafis atau Gamer) yang menginginkan performa lebih baik. Maka berikut Spesifikasinya :

– Processor (Core i3 , Core i5 hingga Core i7)

– RAM (2 GB, 4 GB, hingga 8 GB atau lebih)

– Harddisk (500 GB hingga 1 TB)

– Baterai (Tetap usakahanlah memilih yang daya tahannya untuk Jangka Panjang)

– VGA (Harus diperhatikan lebih detail dimana sangat berpengaruh dalam kinerja baik peforma)

Harga dengan Spesifikasi ini biasanya berada di kisaran 5 hingga 6,5 Jt an atau lebih.

 

2. Performa

Tidak bisa dipungkiri bahwa peforma berperan aktif dalam menunjang kegiatan kita saat menggunakannya nanti. Agar tidak salah pilih, maka ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur dalam performa Laptop yang perlu diperhatikan :

– Kecepatan Processor dalam besaran (GHz)

– Wireless WiFi

– Kualitas Graphic Card, sangat berpengaruh pada Kualitas Tampilan (Monitor)

– Interface (Secara umum dilihat dari fungsional keseluruhan)

 

3. Menentukan Anggaran

Dalam mengatur anggaran atau keuangan sangat berpengaruh juga dalam pemilihan laptop yang akan kamu beli. Setelah memilih-milih spesifikasi seperti diatas tentu dapat lebih membantu sebagai bahan pertimbanganmu. Maka sesuaikanlah pilihan berdasarkan pertimbanganmu tersebut dengan keadaan anggaran biayamu.

– Untuk Standart berada di kisaran 3 jt hingga 4 Jt an mungkin sudah cukup

– Dan untuk kategori Lumayan 4 jt hingga 5 jt an

– Sedangkan untuk High Spec berada di kisaran 5,5 hingga 6 jt an bahkan lebih.

Namun harga dapat berbeda-beda menurut wilayah, maupun toko, atau berdasarkan perkembangan saat ini. Untuk mencari referensi perkembangan harga mungkin bisa dilihat di Lazada Komputer/Laptop.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: