Tips Memilih Harddisk Eksternal

Harddisk adalah sebuah memori yang tersimpan di dalam komputer maupun laptop yang berfungsi sebagai ruang atau tempat penyimpanan data. Harddisk juga berguna untuk menyimpan berbagai macam file dengan berbagai macam format, jika dalam smartphone harddisk ini lebih dikenal dengan memori internal atau memori telepon.

Seiring berkembangnya zaman yang semakin canggih dan modern ini, harddisk juga mengalami perubahan khususnya dalam segi ukuran. Jika dulu harddisk ini berukuran cukup besar, namun saat ini harddisk memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini karena disesuaikan dengan ukuran dari perangkat komputer atau laptop itu sendiri.

Tak hanya itu saja, bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan harddisk laptop sebagai harddisk eksternal atau portable. Makanya tak heran jika para perusahaan teknologi yang bergerak di bidang sparepart komputer berlomba-lomba untuk memproduksi harddisk ini, bahkan mereka juga berani menjualnya dengan harga yang cukup murah.

harddisk eksternal seagate

Dibawah ini adalah tips untuk memilih harddisk eksternal :

 

  • Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Harddisk

Jika anda akan membeli sebuah harddisk eksternal, maka harus sangat-sangat diperhatikan mengenai kapasitas atau kuota penyimpanan dari harddisk tersebut. Pastikan untuk memilih harddisk yang memiliki kapasitas penyimpanan besar, hal ini supaya kita akan lebih leluasa dalam menyimpan berbagai macam file.

 

  • Kecepatan Rotasi

Perhatikan juga masalah kecepatan rotasi dari harddisk eksternal yang ingin anda beli, biasanya hardisk yang bagus memiliki kecepatan 7.200 rpm. Bahkan saat ini juga sudah tersedia harddisk yang memiliki kecepatan rotasi lebih tinggi yakni mencapai 10.000 rpm.

 

  • Perhatikan Konektivitas

Hal yang tak kalah penting yang harus kita perhatikan pada saat akan membeli harddisk eksternal yaitu konektivitas dari harddisk tersebut, pastikan pilih hardisk yang memiliki versi konektivitas yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan supaya pada saat kita mentransfer data sangat cepat, adapun konektivitas USB dari mulai kecepatan (2.0, 3.0, atau 4.0) semakin besar maka semakin bagus.

 

  • Bentuk Harddisk

Harddisk eksternal ini layaknya flashdisk yang bisa kita bawa kemana-mana, jadi disarankan untuk memilih harddisk yang berukuran relatif kecil. Supaya kita tidak susah dalam membawanya, dan juga pilih harddisk yang dilengkapi dengan casing pelindung seperti karet supaya aman terhadap benturan.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: