Tips Aman Memilih Aplikasi Android

Sistem operasi Android merupakan sebuah sistem yang dibuat dan dikembangkan oleh Google yang dibuat khusus bagi Anda pengguna tablet ataupun ponsel pintar yang menginginkan sebuah perangkat yang benar-benar cerdas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari segala aspek. Untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda tersebut, Anda dapat mengunduh berbagai jenis aplikasi yang terdiri dari beberapa kategori di situs resmi penyedia aplikasi Android yang bernama Google Play.

Namun sebelum mengunduh aplikasi untuk tablet atau ponsel pintar Android Anda, ada baiknya untuk mengetahui tips-tips dalam memilih aplikasi yang baik agar kinerja perangkat Android Anda tidak sia-sia yang justru akan memperburuk kinerja perangkat Android Anda. Adapun tips-tips yang patut Anda ketahui sebelum Anda mengunduh aplikasi Android di Google Play, antara lain :

 

  • Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Sebelum mengunduh aplikasi untuk perangkat Android Anda, ada baiknya untuk melihat apa saja aplikasi yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda mengunduh terlalu banyak aplikasi namun tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, akan berdampak buruk terhadap kinerja perangkat Android Anda nantinya.

 

  • Pilih aplikasi yang multifungsi

Disarankan untuk mengunduh aplikasi multifungsi yang di dalam satu aplikasi memiliki banyak kegunaan, sehingga dapat menghemat penggunaan memory dan meringankan kinerja perangkat Android Anda. Contoh aplikasi multifungsi yaitu seperti aplikasi-aplikasi kategori utility yang banyak sekali memiliki kegunaan di dalam satu aplikasinya.

 

  • Pilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap

Tips lainnya adalah memilih aplikasi yang memiliki fitur yang cukup lengkap agar penggunaan aplikasi pada perangkat Android Anda memiliki fungsi yang lebih efektif namun tetap dapat memenuhi kebutuhan Anda. Saat ini telah banyak sekali aplikasi-aplikasi khusus perangkat Android gratis namun memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti photo editor yang memiliki berbagai fitur canggih di dalam satu aplikasi sehingga Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain yang serupa dikarenakan fitur yang Anda inginkan tidak dimiliki oleh dari salah satu aplikasi tersebut.

 

  • Hapus aplikasi yang tidak perlu

Mungkin terdapat beberapa aplikasi di perangkat Android Anda yang merupakan aplikasi bawaan dari sistem Android tersebut namun Anda tidak membutuhkannya. Anda dapat menghapus aplikasi tersebut jika Anda benar-benar tidak membutuhkan aplikasi tersebut agar tidak membebankan kinerja perangkat Android Anda. Namun disarankan untuk membackup aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum Anda menghapusnya, agar dapat Anda gunakan jika suatu saat Anda membutuhkan aplikasi tersebut.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: