Mempercepat Kinerja Komputer

Kinerja sebuah komputer memang sangat penting bagi user atau pengguna, karena kinerja komputer mempengaruhi sebuah pekerjaan yang kita lakukan di komputer. Tidak heran jika beberapa orang sangat kesal ketika mengerjakan tugas sekolah / kantor dengan komputer yang sangat lelet, banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer yang kinerjanya super lambat.

cara-mempercepat-loading-komputer (600 x 384)

Sebenarnya, untuk mengatasi komputer / laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet, anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan untuk mengoptimalkan sebuah komputer. Lakukan beberapa hal dibawah ini untuk membantu mempercepat dan mengoptimalkan kinerja komputer / laptop anda.

 

1. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

ram@2bdan@2bharddisk-1-300x163

Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer / laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.

Perhatikan juga kapasitas harddisk anda. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer / laptop anda semakin melambat saja, karena space yang tersedia semakin sedikit, semakin lambat pula proses pembacaan file di dalam harddisk anda. Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk dan mengatur kapasitasnya dengan baik sesuai yang anda butuhkan.

 

2. Uninstall Program Yang Tidak Penting

Control-Panel-Uninstall-A-Program-Windows (600 x 421)

Program / aplikasi memang penting untuk kebutuhan di komputer kita, namun jika kita tidak mengatur dan memilihnya dengan baik, itu akan menjadi salah satu alasan kenapa komputer / laptop kita lambat. Gunakanlah aplikasi yang merupakan penting bagi anda dan anda gunakan sehari-hari, buanglah aplikasi yang tidak penting agar tidak memperlambat kinerja komputer.

3. Hapus File-File Sementara (Sampah) Pada Recycle Bin

kosongkan@2brecycle@2bbin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer / laptop, jadi lebih baik anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan hapus dan kosongkanlah recycle bin.

 

4. Minimalkan Program Yang Berjalan Pada Startup

minimalkan@2bstartup

Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. Saya sarankan anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan pada startup.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: