5 Cara Mengamankan Smartphone dari Kejahatan Cyber

Di era sekarang yang sudah serba canggih smartphone sudah pasti setiap orang memilikinya. Smartphone sudah bagaikan komputer, smarthphone juga mempermudah dibandingkan kita membawa komputer yang rumit, perangkat ini juga mempermudah kita untuk mengakses informasi dan layanan berbasis internet.

Akan tetapi perlu digaris bawahi internet merupakan gerbang yang menunjukkan kita jalan menuju berbagai hal yang berbahaya. Seperti Pencurian data, informasi pribadi, bahkan malware sekalipun.

Berikut cara mengamankan smartphone dari kejahatan cyber :

1. Pasang Kunci

Smartphone sangat penting dan lebih baik bila dikunci. Karena smartphone yang tidak dikunci akan memudahkan para penjahat cyber untuk melakukan aksinya dengan mudah.

2. Waspada Pada Saat Mengunduh File dari Internet

Pada saat mengunduh juga kita harus extra berhati-hati karena para pelaku kejahatan cyber juga menjadikan file tersebut sebagai kunci untuk masuk ke sistem smartphone kita, perhatikan file yang ingin kita download apakah ada hal-hal aneh yang diminta, misalnya memasukkan password dan lain-lain.

3. Jaringan Wifi

Ternyata dari jaringan wifi pun bisa sebagai kunci untuk masuk ke system smartphone kita. Wifi yang aneh dan tidak dikunci atau free bisa jadi rentan dimanfaatkan sebagai gerbang pencurian data.

4. Ingatkan Keluarga

Jangan lupa memberikan pemahaman soal kejahatan cyber yang beredar dimana saja dan kapan saja dengan keluarga kita, dengan memberikan pemahaman setidaknya bisa memperkecil smartphone yang dimiliki oleh keluarga kita mengalami pencurian data dan lain-lain.

5. Install Aplikasi Android Device Manager

Selalu install aplikasi seperti android device manager atau sejenisnya karena dengan menginstall aplikasi tersebut maka kita dapat menyembunyikan informasi, dapat membantu jika smartphone kita hilang, menyembunyikan smartphone, serta mengunci dan juga menghapus semua isi ponsel.

Dengan cara-cara diatas kita dapat mengurangi resiko menjadi korban kejahatan cyber. Dan juga dapat membuat smartphone kita menjadi lebih aman.

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: