Virtual Reality Technology

Virtual Reality, teknologi yang sedang naik daun dan sedang dilirik oleh pengembang-pengembang didunia lagi. Kali ini penulis akan membahas tentang virtual reality.

VR 1 (960 x 570)

 

Apa Sih Virtual Reality Itu ?

VR atau virtual reality yang dalam bahasa Indonesianya berarti realitas maya merupakan teknologi yang dapat membuat penggunanya berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan dengan komputer (Computer Simulated Environment). Pengguna akan merasa seperti berada didalam lingkungan yang hanya ada didalam imajinasi.

VR 2 (1000 x 690)

 

Sejarah Virtual Reality

Virtual Reality memang bukan hal baru dan virtual reality telah banyak berubah baik bentuk fisik, konsep, dan penggunaannya. Konsep teknologi virtual reality telah ada sejak tahun 1950. Alat pertama yang dikembangkan adalah Peta Bioskop Aspen yang dikembangkan oleh para pengembang di Massachusetts Institute of Technology. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Wikipedia.

OSVR (2000 x 500)

 

Konsep dan Cara Kerja Virtual Reality

Ada banyak cara menggunakan virtual reality, tetapi hal paling umum adalah menggunakan headset. Headset-headset ini menggunakan “Stereoscopic Display”, Stereoscopic Display menampilkan 2 gambar yang membuat otak kita berfikir seakan-akan gambar tersebut adalah gambar 3D. Konsep VR secara simplenya adalah dengan menggunakan komputer membuat simulasi dunia 3Dl dan membuat kita seakan berada didalamnya.

Konsep asli virtual reality yang sebenarnya masih dipertanyakan tetapi pada dasarnya apa yang disebut virtual reality meliputi :

1. Gambar 3 dimensi yang berukuran sesuai dengan kenyataan dan sesuai dengan sudut pandang pengguna.

2. Kemampuan untuk mengikuti gerakan mata dan kepala pengguna dengan ketetapan gambar ketika terjadi pergerakan.

Oculus Logo (800 x 450)

Pengguaan Virtual Reality

Penggunaan virtual reality pada awalnya adalah sebagai simulasi perang dan alat tempur serta anatomi tubuh manusia. Tetapi saat ini virtual reality digunakan dalam dunia hiburan baik film dan games, virtual reality di game digunakan dalam game perang, balap mobil dan lainnya. Virtual Reality juga dapat digunakan sebagai alat untuk menjelajah planet Mars secara virtual, dalam dunia medis virtual reality digunakan untuk terapi PTSD.

 

Beberapa Vendor Virtual Reality

 

1. Sony Project Morpheus

Sony Project Morpheus 1 (800 x 450)

 

2. Oculus Rift
Oculus Rift 1 (800 x 450)
3. Google Cardboard
Google Cardboard (800 x 517)
4. Razer OSVR

Razer OSVR (800 x 450)

2 thoughts on “Virtual Reality Technology

  • April 12, 2016 at 13:20
    Permalink

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Reply
    • April 12, 2016 at 15:48
      Permalink

      Terima kasih atas apresiasinya. Komentar anda sangat bermanfaat bagi kemajuan web kami. Tetap kunjungi web kami, jangan lupa like, comment, share, subscribe ke teman- teman anda.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: