Tails OS, OS Privasi dan Keamanan

Keamanan dalam menggunakan perangkat komputer memang terkadang menjadi perhatian khusus bagi seseorang. Pasalnya kini hampir semua data pribadi disimpan pada perangkat komputer. Terlepas dari itu semua, banyak juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk menyerang para pengguna komputer untuk dapat mengakses file-file pada komputer, bahkan mencurinya.

 

Ada beberapa cara untuk mencegah tindakan penyerangan ini, salah satunya adalah menggunakan Tails. Mungkin terdengar asing, namun Tails ini adalah sebuah sistem operasi yang lebih mengedepankan privasi dan keamanan penggunanya. Sistem operasi ini sendiri berbasiskan Linux Debian.

Yang diuggulkan oleh sistem operasi Tails adalah mampu menggunakan internet dengan identitas anonim dan menembus situs yang diblokir oleh pemerintah. Hal ini berkat penggunaan jaringan Tor yang dapat mengubah identitas penggunanya sebagai anonim. Selain itu juga mampu menembus situs yang diblokir oleh pemerintah, misalnya saja situs yang bertentangan dengan pemerintah.

tails-0
Tampilan awal Tails

Lalu keunggulan lain adalah tidak adanya jejak saat menggunakan Tails. Sistem operasi ini dipasang dan disimpan pada sebuah flash disk. Untuk menggunakannya, cukup booting dari flash disk dan kemudian gunakan tanpa diketahui oleh orang lain. Saat mencabut flash disk dari komputer yang digunakan, komputer tersebut akan booting biasa.

Serta yang terakhir adalah mampu mengenkripsi semua data yang keluar ke internet, untuk meminimalisir tindak kejahatan dan pencurian di dunia maya. Seperti mengenkripsi file, email dan pesan singkat lainnya.

Untuk dapat mencicipi Tails, perlu dua buah flashdisk berukuran setidaknya minimal 4GB. Dimana flash disk pertama digunakan sebagai wadah penyimpanan file mentah dari Tails, dan flash disk kedua sebagai tempat pemasangan Tails. Bila sudah terpasang pada flash disk yang kedua, flash disk pertama dapat dihapus dan dikembalikan seperti semula.

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: