Penduduk Indonesia Paling Sering Menggunakan Smartphone Pada Hari Kamis

Perusahaan teknologi iklan dan kecerdasan buatan asal Taiwan, Appier baru-baru ini mengumumkan laporan mengenai kondisi pengguna PC, tablet, dan smartphone. Appier mengeluarkan laporan yang bertajuk Cross Screen User Behavior untuk pertengahan tahun 2015.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Indonesia dari hasil riset tersebut.

 

Rata-Rata Penduduk Indonesia Menggunakan Dua Perangkat

 

Appier-Report-Device

Dari 11 negara di Asia Pasifik, Indonesia berada di posisi ketiga sebagai negara yang penduduknya sehari-hari menggunakan dua perangkat sekaligus. Sehingga tidak heran apabila ada indikasi bahwa jumlah ponsel yang beredar di Indonesia melebihi jumlah penduduknya.

Namun, jumlah ini masih lebih sedikit apabila dibandingkan dengan negara maju lain di Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, Filipina, Singapura, dan Taiwan, yang rata-rata menggunakan lebih dari empat perangkat sekaligus.

 

Smartphone Paling Banyak Digunakan Pada Hari Kamis

Appier juga melakukan observasi kapan orang-orang paling sering menggunakan perangkat mereka. Perusahaan ini melakukan analisis dengan menggunakan lebih dari 850 miliar poin-poin data kampanye iklan.

 

Appier-Smartphone

Dari laporan ini terungkap bahwa penduduk di Indonesia cenderung menggunakan smartphone paling sering pada hari Kamis. Sangat berbeda dengan negara maju seperti Taiwan dan Jepang yang kebanyakan menggunakannya di akhir pekan, yaitu hari Sabtu.

 

Appier-Tablet

Lalu tablet paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia pada hari Sabtu. Cukup normal, karena waktu yang sama juga terjadi di negara-negara lainnya. Kecuali Vietnam yang menunjukkan hasil unik, karena tablet paling banyak digunakan pada hari Senin. Apakah ini pertanda penduduk di Vietnam tidak terlalu sibuk di awal minggu?

 

Appier-PC

Sedangkan untuk PC, aktivitas puncak terjadi pada hari Selasa. Akan tetapi ini terus menurun di hari-hari berikutnya. Bahkan penggunaan paling sedikit terjadi pada hari Minggu.

 

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa smartphone banyak digunakan pada hari Kamis dan tablet pada hari Sabtu. Selain itu, temuan ini bisa menjadi indikator bahwa orang-orang sudah mulai mengurangi penggunaan PC sebagai hiburan akhir pekan mereka.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: