Google Science Fair 2016 Dibuka !

Google Science Fair 2016 mengundang para pelajar muda, usia 13-18 tahun dari seluruh dunia untuk membawa ide, inovasi, riset, maupun proyek inspiratif untuk menuju dunia internasional.

“GSF adalah kompetisi sains online terbesar di dunia, dengan ribuan pendaftaran datang dari 90 negara tahun lalu. Bekerja sama dengan LEGO Education, National Geographic, Scientific American, dan Virgin Galactic, kompetisi yang menawarkan peluang bagi anak-anak muda untuk mengejar minat dan impian mereka di bidang sains dan teknologi, ” tulis Google dalam rilisnya, Rabu, 24 Februari 2016, dengan mengusung tema ” Everything’s Better with Science”.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui situs Google mulai hari ini dan akan ditutup tanggal 17 Mei 2016. Beberapa hadiah yang diberikan tahun ini, di antaranya beasiswa US$ 50 ribu dari Google untuk mendukung edukasi Pemenang Grand Prize Google Science Fair 2016.

 

 

Sementara Scientific American akan memberi US$ 15 ribu dan mentorship selama 1 tahun kepada pemenang The Scientific American Innovator award. Pemenang juga akan dibawa berlayar (cruise) menuju sebuah benua sebagai pengalaman mengeksplor sesuatu yang baru. Hadiah ini ditujukan untuk membantu pemenang mengembangkan proyek dan pendidikannya.

Pemenang The LEGO Education Builder award, ditemani oleh orang tua atau pendampingnya, akan mengunjungi kantor pusat The LEGO Group di Billund, Denmark, di mana mereka akan bertemu dengan karyawan dan desainer LEGO dan melakukan tour pabrik LEGO. Pemenang juga akan menerima set LEGO MINDSTORMS Education EV3 untuk kelas mereka, lengkap dengan panduan kurikulum. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar US$ 15 ribu.

Pemenang The National Geographic Explorer award, ditemani oleh orang tua atau pendampingnya, akan berjelajah selama 10-hari dalam National Geographic Expedition ke Galápagos Archipelago, yang juga dikenal dengan “Darwin’s living laboratory” dan rumah untuk keragaman satwa dan fauna. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar US$ 15 ribu dan kesempatan untuk belajar dari mentor dari National Geographic.

Pemenang The Virgin Galactic Pioneer award akan dibawa dalam tour Virgin Galactic, Mojave Air and Spaceport di Mojave, California, bertemu para teknisi luar biasa yang membuat mimpi Virgin Galactic menjadi kenyataan. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar US$ 15 ribu dan kesempatan untuk belajar dari mentor dari Virgin Galactic.

Pemenang The Inspiring Educator award akan menerima hadiah sebesar US$5.000 untuk pengembangan ruang kelas, serta gift card untuk membeli produk edukatif dari LEGO Education sebesar US$ 5.000.
Semua pelajar berusia 13-18 tahun dari seluruh dunia berkesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. Dari semua pendaftar yang masuk, panitia akan memilih 100 pelajar sebagai finalis regional, yang kemudian akan disaring lagi menjadi 16 finalis global yang akan diterbangkan ke kantor pusat Google di Mountain View, California memasuki tahap final. Pada tahun lalu Google Science Fair menerima ribuan pendaftar dari 90 negara. Apakah anda berminat untuk menjadi salah satu dari ribuan pendaftar yang berasal dari 90 negara di dunia ??

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: