Google Deklarasikan Perang VR dengan Facebook dan Samsung

Mountan View – Google baru saja meluncurkan Google Daydream. Ini merupakan desain baru virtual reality (VR) yang diharapkan mampu bertarung dengan Oculus Facebook sebagai standar baru VR.

1

Seperti Samsung Gear VR, yang diperkuat teknologi Oculus Facebook, Google Daydream akan memungkinkan pengguna memasukkan smartphone dengan mudah. Tetapi, Gear VR hanya bekerja dengan ponsel Samsung. “VR harus mobile, approachable, dan untuk semua orang,” kata eksekutif Clay Bavor di panggung Google I/O 2016, sebagaimana dikutip dari Business InsiderKamis (19/5/2016).

Oleh karena itu, setiap produsen perangkat bisa membangun ponsel Android yang kompatibel dengan Google Daydream asalkan menjalankan sistem operasi Android N dan memenuhi beberapa spesifikasi minimum. Selain itu, para produsen bisa mengambil desain headset VR Google Daydream dan membangun versi mereka sendiri.

Perusahaan raksasa mesin pencarian itu telah menandatangi kesepakatan dengan Samsung, HTC, LG, Huawei, Alcatel, ZTE, Xiaomi, dan Asus untuk membuat ponsel yang bisa befungsi dengan Daydream.

Sejak Google memperkenalkan headset Cardboard, VR telah berubah menjadi medan pertempuran besar dalam dunia teknologi. Selain Facebook dengan Oculus dan Samsung dengan Gear VR, muncul juga HTC dengan Vive dan bahkan Acer juga ikut memasuki pasar VR.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: