Gara-Gara Situs Diblokir, Indonesia Menjadi Pengguna VPN Tertinggi di Dunia !

surf-anonymously-with-dynamic-ip-vpn-service

 

Riset terbaru menunjukan bahwa Indonesia menjadi pengguna VPN (Virtual Private Network) tertinggi di dunia, dikarenakan di Indonesia banyak situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Dikarenakan banyak situs yang di blokir oleh pemerintah, VPN digunakan untuk membuat IP anonim agar bisa menerobos masuk ke situs yang diblokir sekalipun. Dari riset tersebut, diketahui bahwa banyak pengguna VPN di Indonesia yang menggunakannya untuk membuka situs-situs ilegal yang diblok oleh ISP yang mereka gunakan. Misalkan situs seperti Reddit, 4chan, Tumblr, Imgur, dan lain-lain. Situs-situs tersebut tidak diblok oleh semua ISP, tergantung ISP yang mereka gunakan. Penggunaan VPN juga biasa digunakan oleh pegawai kantor, mahasiswa, siswa yang biasanya jaringan ataupun wifi yang mereka gunakan diblok oleh admin, contohnya seperti konten-konten hiburan seperti Youtube, Facebook, TwitterVimeo, dan lain-lain.

 

ITS_VPN

 

Dalam survey yang dilakukan Global Web Index 41 % orang Indonesia menggunakkan VPN untuk mengakses internet, lebih tinggi dibanding negara lain. Kemenkominfo mengatakan bahwa membatasi situs-situs dengan cara memblokirnya dapat mengurangi efek buruk bagi para pengguna internet.

 

“Orang menganggap VPN adalah tool yang tidak banyak dipakai, namun kenyataannya banyak pemakainya, Di negara seperti China, Indonesia, dan Thailand, orang-orang memakai VPN untuk mengakali blokir pemerintah” kata Jason Mander, Head of Trends di firma Global Web index.

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: