“AMP” Fitur Google Terbaru, Percepat Akses Informasi pada Mobile

Ada yang berbeda dari hasil pencarian Google Sekarang, pada saat ini hasil pencarian pada google muncul gambar “petir” yang menandakan bahwa web tersebut sudah memasang fitu “AMP” yaitu fitur terbaru dari Google yang dapat mempercepat akses informasi pada mobile atau smartphone. AMP akronim dari Accelerated Mobile Pages, merupakan proyek Google yang bertujuan mempercepat akses ke laman sebuah situs mobile. Situs yang mengaplikasikan AMP bisa diakses dengan lebih cepat dan hemat data ketimbang situs standar. Pada hari kamis (25/2/2016), Google secara resmi meluncurkan AMP untuk pengguna gadget mobile di Indonesia. Untuk mengakses AMP, caranya sangat mudah, pengguna tinggal mengetik kata atau subjek yang ingin dicari di kotak pencarian. Kemudian seperti biasa, Google akan menampilkan beberapa hasil pencarian yang ditandai dengan tanda petir.

Lantas, apa bedanya dengan hasil pencarian tanpa “AMP”? Coba saja klik salah satu hasil pencarian dengan kata AMP. Ya, ternyata situs yang sudah menggunakan AMP bisa dibuka jauh lebih cepat dari hasil pencarian lain.

Apakah sebenarnya AMP itu? Ia merupakan proyek open source (AMP Project) yang diumumkan secara global untuk pertama kalinya pada Oktober 2015 lalu. Dalam kurun waktu empat bulan, ratusan penerbit, perusahaan teknologi, dan iklan telah bekerja bersama-sama untuk mengembangkan mobile web yang lebih baik bagi semua orang. Hasil awal dari AMP menunjukkan bahwa laman web yang diperkuat dengan AMP akan dimuat 4 kali lebih cepat dan 10 kali lebih hemat data.

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: