WhatsApp Putus Kerjasama Dengan Blackberry

Kabar buruk bagi para pengguna setia Blackberry. Aplikasi pesan singkat berbasis internet WhatsApp tak akan lagi bisa digunakan pada ponsel pintar Blackberry mulai 2017!

 

WhatsApp_Logo

 

Dalam Blog WhatsApp di akhir pekan kemarin, WhatsApp mengatakan bahwa akan menghentikan dukungan untuk semua perangkat Blackberry, termasuk yang menggunakan sistem operasi Blackberry 10.

Blackberry, tulis WhatsApp, “Tidak lagi menyediakan kemampuan yang diperlukan agar kami bisa mengembangkan aplikasi kami di masa depan.” Karenanya, WhatsApp mengajurkan para penggunanya untuk berganti gadget.┬áKeputusan ini diambil WhatsApp, karena ingin fokus pada platform yang banyak digunakan orang-orang.

Blackberry bukan satu-satunya yang diputus WhatsApp. Ada beberapa sistem operasi lain seperti Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1, 2.2, dan Windows Phone 7.1 yang kelak tak lagi bisa menggunakan aplikasi itu. Sebagai catatan dari penulis, pengguna aktif WhatsApp saat ini sudah lebih dari satu miliar. Apabila Blackberry, Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 dan Android 2.2, serta Windows Phone 7.1 tidak mendapatkan akses untuk menggunakan aplikasi WhatsApp, maka pengguna aktif WhatsApp akan mengalami penurunan.

“Ini adalah keputusan berat bagi kami, tetapi harus diambil agar para pengguna bisa terus berhubungan dengan sahabat dan keluarganya,” tulis WhatsApp.

Arief Rahman

Electrical Engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: