Windows 10 Membuat Dampak Buruk Terhadap Penjualan PC Secara Global

Saya ingin melanjutkan pembahasan tentang Windows 10. Sebelumnya saya telah memposting artikel tentang Mengenal Versi Dari Windows 10. Kali ini, ada kabar yang cukup mengejutkan, yaitu penjualan PC di quartil pertama tahun 2016 mengalami penurunan. Pasti kalian sudah tahu Windows terbaru yang di luncurkan oleh Microsoft Windows adalah versi Windows 10. Nah, kini pengguna Windows 10 sudah lebih dari 270 juta orang dari awal peluncurannya. Apa hubungannya Windows 10 dengan Penurunan Penjualan PC di 2016? Perlu kalian ketahui, peluncuran Windows 10 merupakan agenda besar yang tengah dijalankan oleh Microsoft. Mereka pun bahkan menyediakan program upgrade gratis ke Windows 10 bagi para pengguna Windows terdahulu.

Meskipun begitu, program upgrade gratis ke Windows 10 ini ternyata berdampak sangat buruk terhadap angka penjualan PC secara global. Menurut data Gartner, angka penjualan PC di kuartal pertama 2016 pun mengalami penurunan sebesar 9,6 %. Mereka mencatat bahwa di tiga bulan pertama 2016, sebanyak 6,58 juta unit PC berhasil dipasarkan.

Data dari IDC pun memunculkan angka penurunan yang lebih tinggi. Mereka mencatatkan kalau pada kuartal pertama 2016 terdapat penurunan angka penjualan PC sebesar 11,5 % jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2015. Dan penurunan ini pun hampir terjadi di berbagai negara, terlebih di Amerika Serikat.

Data ini pun dianggap sebagai imbas dari kebijakan upgrade Windows 10 gratis yang diberikan oleh Microsoft. Para pengguna Windows terdahulu pun enggan untuk membeli PC baru dan memilih untuk memanfaatkan program upgrade gratis dari Microsoft. Dan hal ini pun tentu saja berdampak pada penurunan pendapatan Microsoft dari Windows. Gargner pun memperkirakan kalau pada tahun ini Microsoft akan mengalami penurunan pendapatan dari Windows sebesar 7,5 %.

Arief Rahman

Electrical Engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: