Kegiatan Sehari-Hari Di Depan Layar Komputer

Pada saat awal komputer diciptakan, ukuran komputer masih sangat besar. Penyimpanan pioner komputer modern tersebut bahkan membutuhkan lebih dari satu ruangan untuk penyimpanannya. Hal inilah yang menyebabkan hanya sedikit orang yang memiliki komputer pada saat itu. Keadaan diperparah dengan besarnya kocek yang harus dibayar untuk sebuah perangkat komputer.

Pada saat ini, teknologi komputer semakin canggih. Komputer yang dulunya berukuran rumah kini hanya segenggam tangan atau bahkan seukuran ibu jari. Ukuran tersebut meningkatkan mobilitas penggunanya. Hal inilah yang mendasari sebagian orang seringkali membawa komputer kemana pun mereka berada.

Sayangnya kelebihan tersebut tidak dapat dirasakan oleh sebagian orang. Mobilitas komputer dipandang sebagai sesuatu yang buruk. Komputer dianggap sebagai sesuatu yang sia-sia karena menyita waktu sepanjang hari untuk melihat layar komputer.

 

11252018_722628351192575_2098750347146855206_o

 

Penggunaan komputer memang sangat tinggi pada saat ini. Organisasi Lookout bahkan mengungkapkan 58% orang selalu melihat komputernya selama kurang dari 1 jam. Hal ini tidak hanya terjadi pada usia muda saja melainkan usia dewasa hingga tua sekali pun.

 

Statistik Penggunaan Komputer (Smartphone)
Statistik Penggunaan Komputer (Smartphone)

 

Namun, menghakimi kegiatan seseorang di depan layar sebagai hal yang sia-sia bukanlah sesuatu yang dibenarkan. Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan dengan menghabiskan waktu di depan layar komputer.

 

  • Membaca atau menulis
    Kita tidak akan pernah tahu jika kegiatan seseorang di depan layar komputer. Barangkali seseorang tersebut sedang membaca sebuah artikel yang kemudian dapat mengubah hidupnya atau bahkan orang lain. Kegiatan membaca ini juga dapat saja membantu seseorang tersebut untuk menuliskan kisah yang dapat membantu kita.

 

  • Membantu teman atau orang lain
    Sering kali sebuah pertanyaan terlontar di internet baik hal yang urgen atau pun hanya untuk memecah rasa ingin tahu. Pertanyaan tersebut hanya dapat diselesaikan oleh orang-orang yang memiliki waktunya di depan layar komputer.

 

  • Memberikan humor untuk menghibur
    Tak jarang ditemukan orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk membuat gambar-gambar lucu. Tapi, tindakan tersebut sia-sia? Kita tidak akan pernah tau tatkala ada seseorang yang berterima kasih karena telah menghiburnya.

 

  • Mempelajari sesuatu yang baru
    Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat sumber pembelajaran dapat ditemukan dengan mudah. Sesorang dapat mengakses pelajaran hanya melalui layar komputernya. Ya, layar komputer.

 

  • Mengungkapkan perasaan
    Terbebani sebuah masalah tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Seseorang untuk berbagi cerita tentu sangat diperlukan. Namun, seringkali dunia nyata tidak dapat memaklumi masalah tersebut. Lalu apakah salah ketika sesorang mengungkapkan perasaanya melalui komputer?

 

  • Mengkomunikasikan informasi penting
    Salah satu fungsi komputer adalah memudahkan komunikasi. Seseorang dapat dengan mudah mengirimkan informasi penting. Berita tersebut dapat dengan cepat diterima tanpa harus menunggu lama sekalipun.

 

Jadi, apakah seseorang yang menatap layar komputer sebagai hal yang sia-sia? Tentu tidak, jika seseorang tersebut menggunakannya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: