7 Hal Yang Tidak Terlupakan Dari HP Jadul

Perkembangan zaman selalu menuntut pembaruan. Hal-hal yang usang akan ditinggalkan. Ini juga berlaku pada smartphone. Beragam fitur menarik dan canggih selalu disematkan tiap tahunnya, mulai dari resolusi layar dan kamera, desain, fitur anti air, dan lain sebagainya.

Harus diakui jika kecanggihan smartphone membuat banyak hal menjadi kian mudah. Pekerjaan, mencari informasi, belajar, sampai memesan transportasi, semuanya bisa dipenuhi melalui perangkat ini. Meski memiliki fitur yang canggih, namun smartphone tidak benar-benar bisa menggantikan handphone monophonic.

Ada fitur-fitur yang tidak ditemukan lagi di smartphone, seperti casing yang bisa digonta-ganti, pembuat nada nada dering, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang lahir di era 90-an, tentu kamu tidak akan melupakan hal-hal tersebut. Apa sajakah fitur-fitur itu?

 

  • Gonta-Ganti Casing

casing

 

Gonta-ganti casing menjadi ciri khas handphone zaman dulu, terutama Nokia. Ada dua alasan kenapa seseorang mengganti casing. Pertama disebabkan ada keypad yang sudah terlepas atau rusak. Jika tidak segera diganti, ini akan menyulitkan pengguna saat mengetik.

Alasan kedua yaitu pengguna menginginkan handphone miliknya terlihat lebih keren. Casing yang berwarna-warni membuat handphone terlihat selalu baru. Biasanya setelah kamu mengganti casing, orang-orang di sekitarmu akan bertanya: “Beli hape baru ya?”

Bukan hal yang aneh jika ada yang menyimpan beberapa casing untuk pemakaian selama satu minggu. Satu hari satu casing dan handphone akan selalu terlihat baru setiap hari.

Uniknya, jarang ada yang membeli casing baru gara-gara layar tergores. Tidak masalah layar tergores sebanyak apapun. Selama keypad masih enak dipakai, orang-orang tidak akan membeli casing baru.

 

  • Game Snake

6644622_20140517061643

 

Snake sering disebut-sebut sebagai game legendaris. Alasannya karena Snake termasuk ke dalam sedikit game yang ada di handphone zaman dulu keluaran Nokia. Beberapa game lain yang biasanya hadir bersama Snake adalah Bounce dan Space Impact. Ingat, dulu kamu tidak bisa mengunduh game dari internet seperti sekarang.

Gameplay yang sederhana membuat Snake asik untuk dimainkan. Kamu akan berperan sebagai ular yang mencari mangsa. Setiap kamu memakan mangsa, tubuh sang ular akan bertambah panjang.

 

  • Mengetik Dengan Satu Tangan

sms-satu-tangan-800-min

 

Mengetik dengan satu tangan menjadi sesuatu yang cuma bisa dilakukan dengan handphone jadul. Bentuk keypad numeric yang sederhana juga mengurangi terjadinya typo. Bahkan kamu tidak perlu menatap layar hanya untuk mengetik.

Kamu bisa mengobrol asyik dengan teman-temanmu selagi mengetik pesan di handphone. Kamu tidak akan menemukan orang yang asyik sendiri dengan gadget mereka ketika hangout.

 

  • Composer

xomposer-800-min

 

Composer turut “punah” seiring smartphone menggantikan kepopuleran handphone. Padahal fitur ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan di handphone monophonic. Kamu bisa menyusun nada menjadi musik yang enak di dengar.

Beberapa majalah dan tabloid juga menyediakan rubrik khusus yang menyediakan nada-nada musik untuk composer. Pengguna smartphone sekarang barangkali tidak akan mengetahui betapa asiknya berburu nada-nada unik yang kemudian digunakan sebagai nada dering.

 

  • Pulsa SMS

sms-800-min

 

Bagi kamu yang lahir tahun 90-an, tentu masih ingat dengan pulsa SMS ataupun paket SMS. Harga satu SMS yang lumayan mahal, membuat sebagian orang memilih membeli pulsa SMS. Cukup Rp5 ribu, kamu bisa SMS hingga ratusan bahkan ribuan kali.

Slogan “handphone sebagus apapun tetapi kalau tidak ada pulsa ya percuma” tidak berlaku lagi bagi pengguna smartphone. Kehadiran aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, LINE, BBM dan WeChat membuat kamu hampir tidak membutuhkan pulsa SMS.

Bahkan aplikasi pesan instan tersebut sudah dibekali dengan fitur panggilan telepon ke sesama pengguna. Ya, kamu hanya butuh kuota internet saja. Jika kuota habis, cukup cari tempat yang memiliki akses Wi-Fi gratis. Bye-bye pulsa!

 

  • Anti Banting

crack-800-min

 

Baru beli smartphone, tetapi langsung rusak? Atau layarnya retak gara-gara jatuh? Hal yang seperti ini baru ada di era smartphone. Di era handphone monophonic, jatuh puluhan kali tidak menjadi masalah. Bahkan jatuh ke air sekalipun tidak akan merusak handhone. Kamu cukup menaruhnya ke dalam beras dan jreeng, handphone milikmu sudah menyala kembali.

Bagaimana kalau ada bagian keypad yang hilang? Kamu bisa mengabaikannya atau memanfaatkan kuku maupun bolpoin untuk menekan tombol keypad yang hilang. Benar-benar tahan banting. Maka jangan heran jika handphone jadul sering disebut sebagai pengganjal pintu atau untuk melempar maling. Ya, karena tahan banting tadi.

 

  • Baterai Super Awet

baterai-awet-800-min

 

Coba cek isi ransel pengguna smartphone. Kamu akan menemukan charger di dalamnya. Jarang sekali pengguna smartphone yang tidak membawa charger kemanapun ia pergi. Pasalnya baterai smartphone cepat terkuras, terutama ketika kamu menyalakan koneksi internet terus menerus.

Bagi kamu yang besar di era 90-an, coba ingat kembali. Apakah kamu sering menemukan charger handphone? Banyak orang yang akan menjawab tidak. Ya, dulu jarang sekali orang yang membawa charger. Baterai yang awet menjadi alasan utama.

Hal ini disebabkan fungsinya masih murni sebagai alat komunikasi, baik telepon maupun pesan singkat. Cukup mengisi baterai sekali dalam sehari, kamu bisa menggunakannya selama tiga hari. Benar-benar tidak tertandingi.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: