Tingkatan Versi Android

Dari waktu kewaktu teknologi semakin berkembang, khususnya bagi para pengguna smartphone. Android terus mengalami peningkatan, mulai dari versi pertama kali yang di luncurkan hingga versi terbaru saat ini, semakin versi android meningkat maka semakin canggih pula smartphone yang digunakan. Kali ini saya akan berbagi mengenai versi-versi android.

 

android_timeline (800 x 320)

 

1. Android Alpha 1.0

android_logo

Sebenarnya sebelum mereka memberikan nama-nama untuk versi OS nya, Android sempat memiliki 2 versi awal, yaitu dengan nama Android Alpha dan Beta. Nama untuk versi pertama ini sendiri sebenarnya adalah Android Astro, namun karena alasan hak cipta (trademark), nama ini tidak jadi digunakan.

 

2. Android Beta 1.1

Medal-AndroidBeta_large4

Versi ini dirilis pada tanggal 5 November 2007 yang merupakan versi lanjutan dari Android Astro (Alpha). Sama seperti versi awalnya, nama Bender juga juga tidak jadi digunakan karena alasan hak cipta (trademark). Kemudian lahirlah telepon seluler pertama dengan sistem operasi Android yang dijual secara komersil yakni HTC Dream.

 

3. Android CupCake 1.5

20101017_android_versionen_01

Nama Cupcake diambil dari sebuah makanan ringan berupa kue kecil yang di kemas dalam sebuah wadah yang biasanya di sajikan dengan frosting diatasnya. Fitur yang di luncurkan cupcake sebagai berikut : Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder, upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa, aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text prediction, bluetooth A2DP dan AVRCP support.

 

4. Android Donut 1.6

Android-1.6 (600 x 321)Versi ini di rilis  pada tanggal 15 September 2009, versi android ini memiliki fitur seperti foto dan video dari kamera antar muka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Selain itu ditambahkan juga dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan diberi versi awal fitur navigasi turn-by-turn besutan Google.

 

5. Android Eclair 2.1

Android 2.0

Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya. Di rilis pada tanggal 26 Oktober 2009, dengan spesifikasi sebagai berikut : Peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2, mendukung flash untuk kamera, digital zoom, peningkatan pada aplikasi virtual keyboard, bluetooth 2.1, live wallpapers.

 

6. Android Froyo 2.2

android_froyo

Froyo diambil dari kependekan dari Frozen Yoghurt yaitu yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan sehingga terlihat seperti es krim. Versi ini dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Dengan fitur memperbaiki segi kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome dan lainnya.

 

7. Android Gingerbread 2.3

base

Nama Gingerbread diambil dari jahe atau cookie dengan rasa khas jahe yang biasanya berbentuk boneka mirip manusia. Versi ini dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Dengan dukungan kamera depan sejak awalnya, manajemen aplikasi akan tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications, Copy-Paste Kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

 

8. Android HoneyComb 3.0

honeycombAndroid

Nama Honeycomb diambil dari nama sereal manis yang terbuat dari jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah, makanan ini yang populer sejak tahun 1965. Android Honeycomb rilis pada tanggal 22 Februari 2011, dengan fitur : Peningkatan koneksi termasuk wifi dan Bluetooth untuk tethering, pemindaian atas wifi ditingkatkan sehingga bisa mempercepat penyambungan koneksi sementara dengan Bluetooth pengguna bisa melakukan tether dan membagi koneksinya dengan perangkat lain termasuk dukungan ke perangkat sederhana yang tidak memiliki antarmuka pengguna.

 

9. Android Ice Cream Sandwich 4.0

android-4-icecreamsandwich-sb

Android ini rilis pada tanggal 19 October 2011. Nama Ice Cream Sandwich diambil dari makanan dimana lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang. Meningkatnya fitur Action bar yang bisa dikustomisasi secara cepat, Face Unlock yaitu sistem operasi terbaru yang digunakan untuk keamanan si smartphone itu sendiri, pengoptimalan multitasking, variasi layar beranda yang bisa disesuaikan dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten.

 

10. Android Jelly Bean 4.1

Android-Jelly-Bean (400 x 260)

Versi ini diumumkan pada tanggal 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O yang secara resmi dikenalkan ke publik sekitar Oktober 2012. Dengan peningkatan fitur yang makin bertambah dari versi sebelumnya, seperti dengan adanya : Bar notifikasi yang ada di Jelly Bean kini dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut, ukuran widget selalu pas, photo sphere dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya.

 

11. Android KitKat 4.4

Android-4.4-KitKat

Pada tanggal 31 oktober 2013 Google merilis kitkat sebagai generasi android berikutnya. Android versi ini memiliki banyak fitur dan semakin memanjakan para pengguna android. Dengan spesifikasi : Immersive mode, Akses kontak langsung dari aplikasi telepon, Google Now Launcher, dan pastinya memiliki interface UI yang baru.

 

12. Android Lollipop 5.0

android-5.0-lollipop-bugdroid-e1415160469572 (600 x 600)

Android 5.0 Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014. Lollipop merupakan sebuah permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat. Dengan tambahan fitur dari versi android sebelumnya, yaitu : User Interface, fitur ART Runtime, mendukung Arsitektur 64 bit.

 

13. Android Marshmallow 6.0

Marshmallow_0.33392800_1450263759__thumb

Dengan munculnya nama Android M pada jadwal Google I/O, kini muncul spekulasi yang menyatakan bahwa huruf “M” pada nama Android M adalah kepanjangan dari Marshmallow. Mengingat selama ini nama Android selalu diambil dari nama makanan, Android Marshmallow resmi dipakai sekitar bulan September tahun 2015 ini. Kelebihan Android Marshmallow yang pertama adalah memiliki modus “Doze” yaitu Dukungan USB, Type C Sensor Sidik Jari, Auto Backup Aplikasi, App Permissions, Google Now on Tap.

 

Mungkin ini saja ilmu yang dapat saya bagikan berupa versi-versi android dari pertama yang di luncurkan hingga yang terbaru saat ini, semakin meningkatnya versi android maka semakin besar pula uang yang di keluarkan pecinta Gadget untuk membeli smartphone tercanggihnya.

Halidza Esfandania

I like web design, interior design, and architecture. I will be a technician woman in the future.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: