Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman C++

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pemrograman C/C++ secara singkat, mengenai sejarah perkembangannya serta perintah dasar yang akan di pakai untuk penggunaan C++ sendiri. Dalam bidang teknologi, bagi para programmer mungkin sudah tidak asing lagi mengenal C++. Maka dari itu di sini saya akan membahas dasar-dasar C++ untuk pemula.

 

program (800 x 600)

 

Sejarah Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan perkembangan dari bahasa pemrograman C yang di ciptakan oleh Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie lalu di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup dari Bell Laboratories yang sedang mengembangkan system operasi Unix, AT&T, pada tahun 1983. C++ cukup kompatibel dengan bahasa pendahulunya C. Pada mulanya C++ disebut “a better C“. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada tahun 1983, yang berasal dari operator increment pada bahasa C. Keistimewaan yang sangat berari dari C++ ini adalah karena bahasa ini mendukung Pemrograman Berorientasi Objek (OOP / Object Oriented Programming).

 

Berikut beberapa perintah dasar yang di pakai untuk Bahasa C++

#include, adalah pengarah pra prosesor yang berfungsi menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file, saat program dikompilasi. Biasanya file yang disisipkan adalah file header.

Void di depan main( ), dipakai untuk menyatakan bahwa fungsi main( ) tidak memiliki nilai balik.

Main( ), merupakan fungsi utama yang menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.

Tanda ( ) digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi.

Cout, merupakan objek dalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data ke standar output (layar).

#include < iostream.h> menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file iostream.h pada saat program dikompilasi tanpa diakhiri titik koma. File iostream.h perlu disertakan pada program yang melibatkan cout. Tanpa #include <iostream.h> akan terjadi kesalahan saat program dikompilasi. Sebab file iostream.h berisi deklarasi yang diperlukan oleh cout dan berbagai objek yang berhubungan dengan operasi masukan–keluaran.

Tanda<< (dua tanda kurang dari berurutan) adalah operator “penyisipan atau peletakan” yang akan mengarahkan operand (data) yang terletak di sebelah kanannya ke objek yang terletak di sebelah kirinya.

Clrscr( ), Pernyataan yang diperlukan untuk menghapus layar. Apabila menggunakan pernyataan ini maka harus disertakan file header conio.h.

Penggunaan bahasa pemrograman C/C++ dalam bidang teknologi, dalam hal berikut :

1. Mempelajari Kernel dari Sistem Operasi

Kernel Linux, Windows, dan OSX dibangun menggunakan C/C++. Kernel merupakan kumpulan system libraries, system calls, hardware driver, compiler, dan beberapa aplikasi untuk user. Kernel merupakan program komputer yang mengelola input atau output antara hardware dengan aplikasi yang dibangun oleh seorang programmer.

2. Membangun Aplikasi Desktop

Membuat aplikasi desktop digeluti oleh pengembang perangkat lunak. Dengan menggunakan C/C++, kamu dapat membuat berbagai aplikasi mulai dari sederhana hingga kompleks dengan memanfaatkan GUI library yang disediakan oleh sistem operasi yang kamu gunakan.

3. Membuat Aplikasi Mikrokontroler

C/C++ sudah lama digunakan untuk pengembangan aplikasi mikrokontroler. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan adalah CodeAVR yang merupakan IDE untuk mengembangkan aplikasi mikrokontroler di chip AtMega.

4. Membuat Aplikasi Perangkat Mobile

Perangkat mobile merupakan salah satu teknologi informasi yang sangat berkembang cepat. Jarak rilis antar pembaharuan sistem operasinya pun sangat dekat. Beberapa sistem operasi perangkat mobile yang populer antara lain Windows Phone 8, Android, TizenOS, SailfishOS, Ubuntu Touch, PalmOS dan iOS.

5. Membuat Game

Membuat game, merupakan hal yang paling menarik di antara pengembangan perangkat lunak lainnya. Untuk mengembangkan game. Anda membutuhkan aset berupa suara, gambar, platform, dan tentu saja kode program yang berisi logika game. C++ sudah akrab di mata para pengembang game.

Halidza Esfandania

I like web design, interior design, and architecture. I will be a technician woman in the future.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: