Pengertian Sound Card

Bayangkan jika komputer tidak bersuara? Bagaimana rasanya jika kita menonton video dan mendengar musik di komputer tanpa suara? Pernahkan kalian membandingkan PC kalian yang tanpa sound card dengan PC teman kalian yang menggunakan sound card? Tentu keduanya berbeda, mengapa demikian? Kali ini saya akan membahas segala hal tentang Sound card.

 

Pengertian Sound Card

Sound card atau audio card adalah hardware komputer yang berguna dalam proses I/O data sinyal audio dari dan keluar komputer. Tidak seperti Processor dan RAM, sound card bukan merupakan komponen vital dalam sistem komputer, karena komputer tidak memerlukan suara untuk bekerja. Umumnya sound card digunakan pada saat editing audio, video dan games.

 

SC 1

 

Fungsi Sound Card

Ada 3 fungsi utama pada sound card yaitu sebagai synthesizer, MIDI interface, mengkonversi data audio analog to digital dan digital to analog. Pada synthesizer, sound card berfungsi untuk mensintesis suara dengan memberi efek-efek suara tertentu. Pada MIDI (Musical Instrument Digital Interface) berfungsi untuk membaca format MIDI.

Dibawah ini contoh penggunaan sound card pada konversi analog to digital adalah untuk menginput suara dari mikrofon ke komputer, dan contoh penggunaan sound card pada konversi data audio digital to analog adalah untuk mengeluarkan suara pada speaker.

 

SC 2

 

Sejarah Penggunaan Suara

Sebelum adanya sound card, komputer hanya dapat mengeluarkan suara “Beep”, walaupun komputer dapat mengubah frekuensi dan durasi suara beep ini tetapi komputer tidak dapat mengeluarkan suara lain. Kemudian developer game mengeluarkan PC games yang mengeluarkan soundtrack game berbunyi beep dengan frekuensi dan pitch yang berbeda. Kemampuan pengeluaran suara pada komputer meningkat pada tahun 1980an. Beberapa manufaktur menambah chip suara yang dapat mengontrol suara pada komputer. Sekarang pun sound card juga ditambahkan pada slot PCI untuk meningkatkan kualitas suara.

 

SC 3 (1)

 

Jenis-Jenis Sound Card

Menurut saya, sound card dibagi menjadi dua, yaitu onboard dan eksternal. Sound card onboard merupakan sound card yang berupa integrated chipset yang ada pada motherboard itu sendiri sementara sound card eksternal adalah sound card yang dipasang pada slot PCI dan ISA, USB dan Firewire.

 

Sound Card USB/Firewire

SC 4

 

Sound Card ISA/PCI

SC 4 (2)

 

 

Cara Kerja Sound Card

Suara dan data komputer adalah dua hal yang berbeda. Suara adalah gelombang analog yang dapat kita dengar, karena gelombang analog menggetar gendang telinga kita. Sementara komunikasi komputer berupa sinyal digital listrik yang hanya mengenal 0 dan 1. Dengan penjelasan tadi kita dapat mengerti bahwa sound card mengkonversi suara analog menjadi digital dan kebalikannya agar komputer dan manusia bisa saling berkomunikasi. Untuk cara kerja sound card yang jauh lebih jelas dapat dilihat di website HowStuffWorks.

 

SC 5

 

Cara Pengangkutan Suara

Teknologi Frequency Modulation (FM) adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.

Wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.

SC 6

 

Antara Integrated dan Dedicated

Seperti halnya graphics card, komputer memiliki build in integrated sound card pada motherboardnya, kualitasnya rendah, harganya murah dan menggunakan processor dan memori dari komputernya.

Dedicated sound card dipasang pada slot PCI, harganya mahal, kualitas yang jauh lebih tinggi dan memiliki built in processor dan memori sendiri.

 

34403-2799769

 

Komponen Utama Dalam Sound Card Eksternal

 

Processor

Sound card (semua jenis) memiliki processor yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal digital to analog maupun sebaliknya. Processor ini bernama DSP (Digital Signal Processor).

 

Memori

Sound card eksternal memiliki memori sendiri untuk menyimpan data hasil konversi sementara sebelum dan sesudah diproses oleh.

SC 8 (1)

SC 8 (2)

 

Pengguaan Speaker dan Headphone Berkualitas

Jangan salah! Tanpa speaker dan headphone yang berkualitas maka sound card yang baik tidak akan ada gunanya. Jika kita menggunakan sound card yang mensupport channel 7.1 dan Surround Sound atau Prologic, tetapi speaker kita berkualitas rendah maka performa sound card menjadi sia-sia. Pemilihan Speaker dan Headphone yang tepat adalah hal penting dalam pengguanaan sound card, kita tidak boleh asal dalam memilihnya. Sound Blaster Z dan Cyber Acoustics 3908 Satellite merupakan contoh yang pas menurut saya.

 

Sound Blaster Z

SC 9 (1)

 

Cyber Acoustics 3908 Satellite

SC 9 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: