Pengertian Slot Ekspansi Pada Motherboard

Slot Ekspansi merupakan tempat dipasangnya komponen tambahan seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card dll. Slot Ekspansi juga berfungsi untuk mengembangkan tingkat performa pada suatu PC sesuai dengan perkembangan teknologi. Komunikasi dan lalu lintas data di dalam motherboard berada di dalam saluran Bus. Control Bus merupakan saluran kontrol agar processor bisa mengendalikan seluruh perangkat komponen yang sedang digunakan.

Banyaknya saluran dalam Data Bus dan Control Bus dinyatakan dalam satuan bit. Bus data yang terdiri dari 8 saluran disebut bus data 8 bit. 16 saluran disebut bus data 16 bit, dan seterusnya yang hingga saat ini terdapat bus data 128 atau 128 bit. Slot ekspansi dibedakan atas jumlah saluran bus data yang digunakannya, misal slot ekspansi 8 bit itu berarti card yang digunakan adalah card 8 bit. Berikut ini adalah jenis-jenis dari Slot Ekspansi :

 

1. SLOT AGP (Accelerated Graphics Port)

 

Slot AGP adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.

Spesifikasi AGP pertama kali dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.

 

2. SLOT ISA (Industry Standard Architecture)

 

Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena slot ini adalah slot original dari sebuah motherboard. Jika Anda melihat pada sistem motherboard anda, maka slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard anda adalah ISA semua. 8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec. Sebenarnya nilai ini tidak juga dikatakan besar. Namun berhubung card yang terpasang rata-rata tidak memerlukan kecepatan yang lebih dari ini, maka slot ini dianggap masih cukup kompatibel. Namun saat ini, slot ISA sudah Out Of Date dan sudah digantikan dengan slot PCI.

 

3. SLOT PCI (Peripheral Component Interconnect)

 

PCI  adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Biasanya PCI itu digunakan lebih utama untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis microprocessor. Untuk struktur bus umumnya PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32 bit atau 64 bit. Sedangkan setiap transfer data pada bus PCI merupakan transaksi yang terdiri dari fase alamat dan fase data.

 

4. PCI Express

 

PCI Express merupakan slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (read/write) dalam satu rute clock.

 

5. EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)

 

Pada tahun 1987, IBM memperkenalkan 32-bit, Extended ISA ( EISA) bus, yang mengakomodasi chip Pentium. EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer.

 

6. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

 

Yang sangat mencolok dari slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya, yaitu hanya sebesar kartu kredit. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook. Namun, saat ini sudah banyak juga PC yang menyediakan slot PCMCIA. Dengan menggunakan interface 68 pin, slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Tipe 1 memiliki ketebalan sebesar 3,3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10,5 mm). Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk. Biasanya jika memiliki slot PCMCIA tipe 3, Anda dapat juga menggunakan peripheral yang menggunakan tipe 1 dan 2, dikarenakan ketebalannya. Setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.

 

7. VESA (Video Electronics Standard Association)

 

Sesuai dengan namanya, slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang membutuhkankecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec. Pada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan dibelakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.

Arief Rahman

Electrical Engineer

6 thoughts on “Pengertian Slot Ekspansi Pada Motherboard

    • March 29, 2016 at 13:08
      Permalink

      gracias

      Reply
  • March 29, 2016 at 22:45
    Permalink

    Its arduous to seek out educated individuals on this matter, but you sound like you know what youre speaking about! Thanks
    chiefsOr

    Reply
    • March 30, 2016 at 21:36
      Permalink

      Thank you for your appreciation . I hope you can get a many knowledge from our website. Thank you brother

      Reply
    • March 31, 2016 at 06:55
      Permalink

      Thank You Very Much

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: