Pengertian Sistem Operasi

Tahukah kalian bagaimana sebuah software ataupun aplikasi dapat berjalan dikomputer? Ya, berbicara mengenai itu saya akan membahas siapa sih sebenarnya yang mengontrol dan melakukan manajemen aplikasi pada komputer, hal tersebut dilakukan oleh Sistem Operasi.

OS

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak (software) pada komputer yang bertugas dalam mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras dan sebagai operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data untuk mempermudah kegiatan manusia. Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut dengan Operating System, atau disingkat OS.

Sistem Operasi Komputer merupakan software di lapisan pertama dalam meletakkan memori komputer (memori komputer yaitu hardisk, bukan memori ram) di saat komputer dinyalakan. Lalu pada software-software yang lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan melakukan layanan inti umum keseluruh software-software. Layanan inti umum tersebut misalnya akses ke disk, manajemen memori, dan antar muka user. Sehingga setiap software tidak lagi melakukan tugas inti umum karena telah dilakukan dan dilayani oleh Sistem Operasi.

Ketika komputer dihidupkan pertama kali (powered on), maka komputer tersebut akan memanggil sistem operasi dari harddisk melalui RAM. Bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer disebut kernel. Sedangkan bagian interface yang menghubungkan antara aplikasi dengan user, disebut dengan shell. User dapat berinteraksi dengan shell menggunakan mode text yang sering disebut dengan command line interface (CLI) atau mode grafis disebut dengan graphical user interface (GUI).

 

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Selain dari itu sistem operasi komputer melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa adanya hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya dapat memakai memori, melakukan input serta output ke peralatan lain, dan memiliki akses ke setiap sistem file. Sistem operasi juga mengatur jika aplikasi berjalan secara bersamaan, sehingga proses di komputer berjalan mendapatkan waktu yang cukup dan tidak saling mengganggu perangkat yang lain.

Fungsi sistem operasi komputer juga dibagi dalam tiga bagian yaitu sebagai mediator, sebagai wadah, dan sebagai penerjemah.

– Fungsi sistem operasi sebagai mediator, adalah sistem operasi komputer menjadi penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware).

– Fungsi sistem operasi sebagai wadah adalah sistem operasi komputer tempat menginstall suatu aplikasi, dan sebaliknya.

– Fungsi sistem operasi komputer sebagai penerjemah adalah sistem operasi komputer melakukan proses penerjemahan bahasa program untuk ditampilkan ke layar monitor yang berupa kombinasi grafis dan teks.

 

Sejarah Sistem Operasi

1. Generasi Awal

Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual, yaitu belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis dan belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

2. Generasi Kedua

Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.

3. Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

4. Generasi Keempat

Pada masa ini, sudah adanya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi ataupun program.

 

Macam-Macam Sistem Operasi

 

1. Windows

Windows Logo

Merupakan sistem operasi desktop yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan pendirinya adalah Bill Gates. Microsoft Windows atau biasa kita sebut dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, sistem operasi Microsoft Windows sangat disenangi. Bahkan, hingga saat ini telah lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows.

 

2. Linux

Linux Logo

Linux merupakan pengembangan dari Unix. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Finlandia. Linux yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh programmer-programmer di dunia.

Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga. Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Ubuntu, Mint, CentOS, Fedora, Red Hat, dan lain-lain.

 

3. Mac

Mac OS Logo

Mac OS kependekan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju. Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya, Mac OS kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows. Mac OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Sistem ini didesain sebagai sistem operasi yang ramah terhadap pengguna (user-friendly).

 

4. IBM

IBM OS Logo

Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286, termasuk diantaranya adalah Modus Terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.

 

5. DOS

MS DOS Logo

Sistem Operasi MS-DOS dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer, anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MS-DOS yang digunakan berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.

DOS merupakan sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface) yaitu sistem operasi DOS berkomunikasi dengan user melalui karakter-karakter teks dan pengguna memberi perintah kepada komputer dalam bentuk teks. Sistem CUI (Character User Interface) sekarang sudah digantikan dengan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yaitu sistem operasi yang menampilkan pesan dan menerima perintah dari pengguna dalam bentuk grafis.

 

6. Unix

Unix Logo

Sistem Operasi Unix dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. Unix digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis CLI (Command Line Interface), keadaan ini menyulitkan bagi para pengguna baru. Untuk memudahkan penggunaan, sekarang unix juga disediakan dalam versi GUI (Graphical User Interface).

Unix diperkenalkan akhir tahun 1960-an, merupakan salah satu sistem operasi tertua. Kode program dari sistem operasi ini dibuka sehingga dapat diadopsi oleh berbagai perusahaan. Dari Unix inilah sekarang banyak lahir sistem operasi baru yang merupakan turunannya.

 

7. Free BSD

Free BSD Logo

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari Unix AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

 

8. Solaris

Solaris Logo

Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan Unix system yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi Unix walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris.

 

9. Chrome

Chrome OS Logo

Chrome OS adalah Sistem Operasi buatan Google yang ringan dan berbasis Linux, Chrome OS dirilis pada pertengahan tahun 2010. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau Switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista.

 

Banyak sekali berbagai Macam Sistem Operasi Komputer yang terus berkembang, tidak ada Sistem Operasi yang sempurna karena masing-masing Sistem Operasi memiliki gaya dan ciri khas tersendiri. Walaupun ada Sistem Operasi yang berbayar, kenapa tidak kita coba Sistem Operasi yang Free alias Gratis? Gratis bukan berarti buruk, baik atau buruknya sebuah Sistem Operasi bergantung pada End-Usernya sendiri. Sehingga kita harus cermat dalam memilih Sistem Operasi yang digunakan.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: