Pengertian RAM (Random Access Memory)

Kali ini penulis akan memberikan penjelasan yang bisa dikatakan sangat panjang mengenai RAM atau Random Access Memory. Segala hal yang anda perlu ketahui tentang RAM bisa ditemukan disini.

 

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan data sementara pada komputer. RAM bersifat volatile, yaitu data pada RAM akan hilang jika tidak ada arus listrik yang mengalir.

RAM sesuai dengan namanya. Memory mengakses data secara acak, dimana hal ini membuat data diakses dengan lebih cepat karena kontroler memory langsung menuju tempat data tersimpan dan mengaksesnya.

RAM tidak memperdulikan letak datanya, berbeda dengan alat penyimpanan urut seperti tipe magnetik yang memaksa komputer mengakses data secara berurutan.

 

RAM 1

 

Sejarah RAM

RAM (Random Access Memory). Ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar-besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik). RAM terus mengalami perkembangan dan saat ini RAM telah sampai pada model DDR4 (Double Data Rate 4). RAM yang paling umum ditemukan pada komputer saat ini adalah DDR2 (Double Data Rate 2).

 

RAM 2

 

Fungsi RAM

Membantu dalam menyimpan data sementara
Menyimpan data sementara adalah fungsi utama dari RAM. Ketika kita melakukan sesuatu (Membuka atau menutup program, mengetik, mengklik dan lain-lain) data yang belum diproses akan disimpan didalam RAM, kemudian data di RAM akan diakses oleh processor dan akhirnya dibaca oleh processor.
Membantu penggunaan multitasking dalam komputer
Ketika kita melakukan 2 kegiatan sekaligus, data yang pertama kali kita akses akan dijalankan terlebih dahulu sementara data kedua akan disimpan di RAM sampai data tersebut diakses dan ketika data kedua diakses maka data pertama akan disimpan di RAM begitulah seterusnya. Kapasitas dari sebuah RAM akan sangat mempengaruhi dalam proses multitasking.
Mempercepat kinerja pemprosesan informasi oleh komputer
Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin besar data yang dapat disimpan di dalam RAM dan tentu semakin cepat data yang dapat diproses oleh processor.

 

RAM 3

 

Kenapa Kita Membutuhkan RAM

Pada saat kita menyalakan komputer, hardware yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Permasalahnya adalah perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Primary Memory atau disebut RAM. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD.

Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipat gandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

 

RAM 3

 

Cara Kerja RAM

Diagram blok diatas menunjukkan sebuah RAM yang mempunyai tiga jalur, A0-A2 yang memiliki delapan lokasi yang masing-masing terdiri dari satu word. Setiap lokasi dapat dialamati secara terpisah. Setiap kali suatu lokasi dialamati, R/W diset ke logika 1 untuk baca atau diset ke logika 0 untuk tulis (aktif rendah). Pada saat R/W diset ke logika 1, penyangga keluaran berfungsi dan penyangga masukan tidak berfungsi, yang memungkinkan isi dari suatu lokasi muncul pada keluaran. Sebaliknya, pada saat jalur R/W di set ke logika 0, penyangga masukan berfungsi dan penyangga keluaran tidak berfungsi sehingga data akan ditulis ke dalam lokasi yang dipilih.

 

RAM 4

 

Tipe-Tipe Pada RAM

RAM pada umumya dibagi menjadi tiga. Static, Dynamic dan Non-Volatile RAM. Static RAM adalah RAM yang tidak menggunakan kapasitor, sehingga static RAM tidak perlu direfresh secara berkala. Dynamic RAM menyimpan bit data pada kapasitor yang terpisah dalam sebuah IC. Sementara Non-Volatile RAM adalah jenis RAM yang tidak akan kehilangan datanya walaupun tidak ada arus yang mengalir.

Dynamic RAM dibagi menjadi beberapa jenis yaitu FPMDRAM, EDODRAM, SDRAM, DDR, DDR2, DDR3, DDR4 dan VRAM.

 

RAM5

 

Beberapa Jenis RAM Yang Umum
1.SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi refresh secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM.

RAM 6

 

2.DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga dapat menyimpan data dengan kepadatan yang sangat tinggi.

RAM 7

 

3.SDRAM

Tipe RAM yang dibuat pada tahun 1996. Sesuai dengan namanya SDRAM mempunyai term Synchronous Dynamic, yaitu kemampuan RAM untuk menyamai clock dengan clock processor. Jika clock RAM dan processor sama, maka sistem komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar. Karakteristik teknis SDRAM memiliki 168-pin, 3.3V & FSB 100/133 MHz. Tipe-tipe SDRAM: SDRAM 32, 64, 128, 256, 512MB PC100/133.

RAM 8

4.DDR RAM

Tipe RAM yg merupakan pengembangan lanjut dari teknologi SDRAM. DDR dibuat pada tahun 2000. DDR pertama kali dibuat sebagai pesaing utama dari memory RDRAM yg dikembangkan Intel dan Rambus pada awal generasi Pentium 4. Karakteristik teknis DDR adalah 184-pin, 2.5V & FSB 266/333/400 MHz. Secara teori DDR mempunyai kemampuan pengolahan dua kali lipat dibandingkan SDRAM, karena mampu membawa 2 bit pada satu clock-nya (DDR = Double Data Rate) dibandingkan SDRAM yg hanya 1 bit. Tipe-tipe DDR: DDR 128, 256, 512, 1.024MB PC2100/2700/3200.

RAM 9

 

5.DDR2 RAM

DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi. Karakteristik teknis DDR2 adalah 240-pin, 1.8V & FSB 400/533/667/800 MHz. DDR2 memiliki kapasitas yang lebih besar dari DDR, dimana nantinya bisa mencapai 2GB/modul. Tipe-tipe DDR2: DDR 256, 512, 1.024MB PC3200/4300/5300/6400.

RAM 10
6.DDR3 RAM

DDR3 merupakan generasi lanjutan dari DDR2 dengan perbaikan fitur frekuensi transfernya yang sampai pada 2133 MHz. DDR3 juga lebih hemat voltase listrik yang hanya 1.2V sedangkan DDR membutuhkan 1.8V. Dengan semakin rendahnya kebutuhan voltase listrik tentu semakin membuat DDR3 semakin tahan panas dan menghemat daya sampai 16%. Pin pada DDR3 sama dengan DDR2 yaitu 240-pin.

RAM 11

7.DDR4 RAM

DDR4 merupakan generasi lanjutan dari DDR3 dengan perbaikan fitur yang yang paling mencolok dari DDR4 ini ialah dari notch atau sebuah cohak pada kaki tembaga, frekuensi clock yang semakin tinggi, dan voltase yang semakin rendah. Frekuensi clock pada DDR4 ini telah mencapai kecepatan 2133 hingga 4266 MT/s (Million Transfer / second). Tentu ini akan berbeda dengan DDR3 yang hanya mencapai 800 hingga 2133 MT/s. Voltase pada DDR4 ini ialah 1,05V hingga 1,2V. Dan tentu saja berbeda dengan DDR3 yang memiliki voltase 1,2V hingga 1,65V. Bila semakin rendah voltase pada suatu RAM, maka RAM tersebut tidak cepat panas. Bahkan akan semakin dingin.

RAM 12

RAM 14

 

Evolusi Module Pada RAM
1.SIMM

Kependekan dari Single In-Line Memory Module, artinya modul atau chip memori ditempelkan pada salah satu sisi sirkuit PCB. Memori jenis ini hanya mempunyai jumlah kaki (pin) sebanyak 30 dan 72 buah. SIMM 30 pin berupa DRAM, banyak digunakan pada sistem berbasis prosessor 386 generasi akhir dan 486 generasi awal. SIM 30 pin berkapasitas 1MB, 4MB dan 16MB. Sedangkan SIMM 70 pin dapat berupa DRAM maupun EDO DRAM yang digunakan bersama prosessor 486 generasi akhir dan Pentium. SIMM 70 pin diproduksi pada kapasitas 4MB, 8MB, 16MB, 32MB, 64MB dan 128MB.

2.DIMM

Kependekan dari Dual In-Line Memory Module, artinya modul atau chip memori ditempelkan pada kedua sisi PCB, saling berbalikan. Memori DIMM diproduksi dalam 2 bentuk yang berbeda, yaitu dengan jumlah kaki 168 dan 184. DIMM 168 pin dapat berupa Fast-Page, EDO dan ECC SDRAM, dengan kapasitas mulai dari 8MB, 16MB, 32MB, 64MB dan 128MB. Sementara DIM 184 pin berupa DDR SDRAM.

3.SODIMM

Kependekan dari Small Outline Dual In-Line Memory Module. Memori ini pada dasarnya sama dengan DIMM, namun berbeda dalam penggunaannya. Jika DIMM digunakan pada PC, maka SODIMM digunakan pada laptop atau notebook. SODIMM awalnya hanya diproduksi dalam dua jenis, jenis pertama mempunyai jumlah kaki sebanyak 72, dan satunya berjumlah 144 buah, kemudian terus berkembang dan ada yang sampai 260 pin.

RAM 13

4.RIMM / SORIMM

RIMM dan SORIMM merupakan jenis memori yang dibuat oleh Rambus. RIMM pada dasarnya sama dengan DIMM dan SORIMM mirip dengan SODIMM. Karena menggunakan teknologi dari Rambus yang terkenal akan kecepatannya, memori ini jadi cepat panas sehingga pihak Rambus perlu menambahkan aluminium untuk membantu melepas panas yang dihasilkan oleh memori ini.

RAM menjadi komponen vital dalam sebuah komputer. Tanpa adanya RAM komputer kita akan menjadi sangat lambat karena perbedaan teknologi antara processor dan HDD. Masih banyak hal mengenai RAM yang dapat dibahas tapi saya rasa tulisan ini sudah sangat cukup untuk memperbaharui pengetahuan anda tentang RAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: