Pengertian Processor

Processor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer. Sebuah komputer tanpa processor adalah hal yang mustahil, karena processor merupakan otak pada komputer.

Processor juga sering disebut dengan istilah lain, yaitu CPU (Central Processing Unit), sayangnya kebanyakan pengguna komputer sering salah kaprah dan menganggap bahwa CPU adalah casing dan komponen komputer yang ada di dalamnya. Anggapan tersebut sepenuhnya salah, karena sejak dahulu dalam penemuan teknologi komputer menggunakan istilah CPU hanya untuk processor saja, bukan untuk komponen komputer secara menyeluruh.

Ada pula yang menyebut bahwa processor sama dengan microprocessor. Memang anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena pada dasarnya processor dan microprocessor adalah sama. Satu-satunya perbedaan antara processor dan microprocessor adalah konsepnya, dimana processor lebih ditujukan kepada fisik atau wujud barangnya, sementara microprocessor lebih ditujukan kepada teknologi pembuatan atau kecanggihannya.

 

Processor

 

 

Pengertian Processor

Pengertian processor yang paling mendasar adalah otak utama dari sebuah komputer. Pada dasarnya processor inilah yang biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit), unit pemroses utama dalam memerintahkan program yang akan dijalankan oleh sebuah komputer. Processor merupakan otak dan pusat pengendali dari sebuah komputer yang didukung oleh komponen lainnya.

 

Fungsi Processor

Fungsi processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dalam memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan (input), kemudian akan menghasilkan keluaran (output).

Processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama Harddisk dan RAM. Fungsi processor juga di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati processor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan oleh user.

Processor mempunyai kekuatan yang sangat besar, karena processor adalah bagian komputer yang menentukan kecepatan dari sebuah komputer. Kemampuannya tersebut digolongkan dalam satuan, yaitu Megahertz (MHz) dan Gigahertz (GHz). Semakin tinggi frekuensi MHz atau GHz yang dimilikinya, maka semakin pintar dan cepat pula kemampuannya dalam menjalankan setiap program pada komputer. Bagi para gamer pasti sudah familiar dengan istilah “Greater Processor”, dan “Greater Gaming Experience”. Karena sebuah game pasti sangat berpengaruh kapasitas processor dari sebuah computer, begitu juga dengan bidang multimedia dan lainnya yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja, yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

 

Bagian-Bagian Processor

 

Bagian Bagian Processor

 

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Aritcmatics Logical Unit (ALU) merupakan bagian dari processor yang berfungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program, seperti perhitungan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).

 

2. Control Unit (CU)

Control Unit (CU) merupakan bagian dari processor yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output. Unit inilah yang menjaga serta memberitahu unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa terjadinya tabrakan atau bentrok antara perintah satu dengan perintah yang lainnya.

 

3. Register Unit (RU)

Register Unit (RU) Ini merupakan salah satu unit di dalam processor, yang bertugas sebagai alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan memori utama. Disinilah alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU disimpan di dalam processor sebelum akhirnya diolah kembali.

 

Macam-Macam Processor

 

1. Intel

Processor Intel

Intel merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation, intel merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1968.

 

2. AMD

Processor AMD

Advanced Mikro Device Inc (AMD) merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat, tepatnya di Sunnyvale, California. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation.

 

3. Apple

Processor Apple

Apple merupakan sebuah perusahaan multinasional dengan pusat kantornya di Silicon Valley, Cupertino, California. Bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, serta penjualan produk-produk elektronik, komputer pribadi, dan perangkat lunak komputer. Didirikan tepatnya pada tanggal 1 April 1976.

 

4. IBM

Processor IBM

International Business Machines Corporation (IBM) merupakan sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Armonk, Town of North Castle, New York, Amerika Serikat. IBM memproduksi serta menjual berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. IBM sendiri didirikan tepatnya pada tanggal 16 Juni 1911, dan beroperasi sejak 1888.

 

5. Cyrix

Processor Cyrix

Cyrix adalah salah satu perusahaan pengembang microprosesor yang berdiri pada tahun 1988, tepatnya di Richardson, Texas. Pada tanggal 11 November 1997, perusahaan ini bergabung dengan National Semiconductor.

 

6. IDT

Processor IDT

Integrated Device Technology (IDT) adalah perusahaan yang lebih kecil yang menghasilkan CPU dengan harga murah. Berdiri pada tahun 1980 dan berkantor di San Jose, California Amerika Serikat. IDT merupakan perusahaan pembuat processor WinChip yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 1997.

 

7. ARM

Processor ARM

Advanced Risc Machine (ARM) merupakan processor yang sebagian besar digunakan pada perangkat Handphone, Music Player, dan Router.

 

8. VIA

Processor VIA

Pertama kali diproduksi tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Processor ini lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.

 

9. Transmeta

Processor Transmeta

Transmeta didirikan tahun 1995 yang memproduksi dua arsitektur processor x86-kompatibel : Crusoe dan Effieon. Produk-produk ini digunakan dalam laptop ultra-portable, server-server blade, TabletPC, dan bahkan pada komputer desktop.

 

10. Centaur

Centaur

Centaur dibuat oleh Glen Henry dengan bantuan beberapa teman-temannya pada tahun 1995.

 

Socket Processor

Socket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Socket ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) processor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada processor.

Banyak sekali ditemukan socket-socket pada motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Pada socket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya (diselipkannya) kaki-kaki atau pin-pin pada processor yang terletak di sisi bawah permukaan processor.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: