Pengertian Peripheral Port

Kali ini saya akan membahas tentang Peripheral Komputer. Peripheral Komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Apakah kalian tahu ada berapa jenis Peripheral Komputer? Nah, peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsinya, yaitu :

 

1. Peripheral Utama

Peripheral Utama yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita mengoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama. Dibawah ini merupakan bagian dari slot Peripheral Utama, yaitu :

 

1. Port PS/2

Untuk menghubungkan mouse atau keyboard ke motherboard. Di motherboard ini hanya ada 1 port yang bisa digunakan untuk salah satu hardware (mouse atau keyboard), biasanya motherboard menyediakan 2 port PS/2 untuk mouse dan keyboard.

2. Slot USB 2.0

Berguna untuk antar muka dengan peripheral atau peralatan eksternal generasi terbaru yang menggantikan port parallel dan port serial.

3. Slot HDMI

HDMI merupakan kepanjangan dari (High Defenition Multimedia Interface). HDMI menjadi standar antar muka interface yang digunakan pada perangkat visual dan audio berdefinisi tinggi (HD) atau pun standar.

4. Slot VGA

Untuk menghubungkan monitor dengan kabel VGA ke motherboard.

5. S/PDIF Port

Menghubungkan konektor audio S/PDIF.

6. Port LAN (RJ-45)

Port yang dihubungkan dengan kabel LAN atau jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ-45. Port ini sudah terdapat pada motherboard, karena sering kali chipset motherboard sudah memberikan fasilitas LAN on-board pada motherboardnya.

7. Port USB 3.0

Berfungsi sama seperti USB 2.0 tetapi dengan kecepatan 10x lipat daripada USB 2.0

8. Audio Jack

Ada beberapa warna pada audio jack di motherboard ini, fungsinya pun beragam:

– Light Blue : Stereo Line In

– Pink : Microphone

– Lime Green : Line Out, Front Speakers, Headphones

– Black : Rear Surround Speakers for 5.1 and 7.1 system

– Grey : Middle Surround Speakers for 7.1 system

– Gold : Midi/Game Port (Joystick)

 

2. Peripheral Pendukung

Peripheral Pendukung yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kinerja komputer, contohnya : printer, scaner, modem, dan lain-lain.

 

Jadi kesimpulannya adalah setiap slot peripheral memiliki peran dan fungsinya masing-masing sehingga saling membantu dalam menjalankan sebuah sistem. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk anda.

Arief Rahman

Electrical Engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: