Pengertian NIC (Network Interface Controller)

Bagaimana komputer terhubung dengan internet? Tentu ada perangkat khusus yang menghubungkan komputer kita dengan dunia internet. NIC merupakan perangkat tersebut. NIC atau Network Interface Controller aka Network Interface Card, Network adapter, LAN Adapter, Physical Network Interface telah berjasa menghubungkan kita dengan Internet.

 

NIC 1

 

Pengertian NIC

NIC atau apapun namanya itu adalah hardware yang menghubungkan komputer dengan jaringan komputer. NIC juga bisa dikatakan sebagai jendela komputer kita dengan internet. NIC juga dapat mengkontrol jaringan nirkabel (wireless).

NIC 2

Jenis-Jenis NIC

Seperti Graphics Card dan Sound Card, terdapat dua jenis NIC yaitu eksternal dan internal. NIC internal adalah NIC yang berupa chip yang terintegrasi didalam motherboard (built in), sementara NIC eksternal adalah NIC yang berupa papan PCB dan dipasang pada slot PCI dan USB. Eksternal NIC sekarang bersifat Plug n Play (PnP), maksudnya adalah kita tidak perlu mengkonfigurasi apapun dan biarkan OS kita yang melakukannya.

 

NIC Internal

NIC 3 (1)

 

NIC Eksternal

USB

NIC 3 (3)

PCI

NIC 3 (2)

 

Wireless NIC

NIC 3 (4)

 

Jujur, banyak yang saya ingin tulis dipostingan ini, tetapi memang pada dasarnya hardware yang satu ini tidak banyak yang dapat ditulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: