Pengertian Mouse

Pernahkah kalian melihat seekor tikus? Hewan kecil dengan badan yang besar pada bagian belakangnya serta ekor yang panjang, dan bayangkan bila itu dapat menginspirasi seseorang untuk membuat sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk menggerakan kursor pada komputer anda, yaitu mouse.

 

Pengertian Mouse

Mouse merupakan perangkat input pada komputer yang berfungsi untuk mengarahkan dan juga mengatur posisi kursor (pointer) sebagai penunjuk tombol atau objek perintah pada desktop di monitor. Perangkat ini dinamakan mouse karena bentuknya yang menyerupai seperti seekor tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus. Pada laptop terdapat bagian yang bernama touchpad, touchpad ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, karena memang bagian ini merupakan mousenya laptop atau notebook.

Pada mouse, terdapat sensor yang berfungsi untuk menggerakkan kursor. Hasil gerakan kursor pada monitor merupakan hasil operasi sensor yang digerakkan oleh putaran bola yang terdapat pada bagian bawah mouse. Saat ini, bola pada mouse kini telah diganti dengan teknologi optik sehingga bisa menggerakkan sensor lebih akurat.

Mouse tipe standart selalu terdapat 2 tombol, satu tombol kanan, satu tombol kiri. Kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda. Tombol kiri pada mouse biasa digunakan untuk memilih obyek dan text, sedangkan tombol mouse sebelah kanan bila ditekan akan menampilkan menu-menu tertentu. Menu-menu ini berbeda dan mengikuti aplikasi yang sedang dijalankan. Pada bagian tengah atas mouse juga terdapat sebuah roda yang biasa disebut dengan scroll, scroll ini berfungsi untuk menaik turunkan sebuah halaman.

 

Fungsi Mouse

Mouse memiliki beberapa fungsi pada komputer, sebagai berikut:

– Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).

– Menunjukkan letak kursor di layar monitor.

– Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.

– Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.

– Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.

– Mengontrol perbesaran visual suatu objek.

– Mengaktifkan fitur tombol perintah pada suatu aplikasi.

– Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.

– Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses.

– Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.

– Digunakan untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi.

 

5 Perintah Dasar Pada Mouse

Ada 5 perintah dasar pada saat penggunaan mouse, yakni klik kanan, klik kiri, drag, scrool, dan double click, sebagai berikut :

Klik kanan pada Mouse: Cara penggunaannya adalah cukup menekan tombol kanan pada mouse, kemudian akan muncul sebuah menu berdasarkan aplikasi yang sedang berjalan, misalnya pada Microsoft Word jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.

Klik kiri pada Mouse: Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol kiri pada mouse, penggunaan ini biasa disebut dengan “klik” saja. Tombol kiri pada mouse digunakan untuk mengakses menu, menandai atau memilih pada dialog box, memindahkan kursor saat menulis, memilih objek tertentu dan sebagainya.

Scroll pada Mouse: Mouse jenis terbaru selalu dilengkapi dengan tombol scroll, tombol scroll ini berbentuk seperti roda yang berfungsi menggulung (keatas atau kebawah) halaman pada layar monitor. Apabila mouse tidak dilengkapi dengan tombol scroll seperti pada touchpad laptop, kita tetap dapat menggulung halaman atau layar dengan cara klik scroll bar yang biasa ada pada sebelah kanan suatu program.

Drag pada Mouse: Drag adalah menyeret atau memindahkan kursor atau pointer ke arah tertentu dan tetap mempertahankan klik kiri tidak terlepas. Ini biasa digunakan untuk memindahkan objek, melakukan blok teks, atau memilih beberapa objek sekaligus.

Double click pada Mouse: Klik ganda atau biasa disebut dengan istilah double click atau dobel klik biasa digunakan untuk membuka atau menjalankan suatu program tertentu, misalnya jika klik ganda pada shortcut winamp maka program tersebut akan segera terbuka. Caranya cukup 2 kali klik kiri secara cepat.

Jenis–Jenis Mouse

Mouse berdasarkan fisiknya dibedakan menjadi 2, yaitu :

 

1. Mouse Optic

Mouse-Optic-1 (400 x 300)

Mouse yang sangat populer, mouse yang menggunakan optic, optic yaitu transmisi atau kabel yang sangat halus terbuat dari kaca untuk mentransmisikan sinyal cahaya, optic biasanya terdapat cahaya dibawah mouse untuk menggerakkan pointer yang ada dilayar monitor.

 

2Mouse Track Ball

Mouse-trackball1 (400 x 300)

Mouse yang menggunakan bola kecil terletak dibawah mouse untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. Mouse ini sudah sangat jarang digunakan.

 

3Mouse Serial

mouse-serial1 (400 x 300)

 

Mouse Serial banyak digunakan pada era komputer jaman dahulu, yaitu pada era Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.

 

4. Mouse PS2

mouse-ps21 (400 x 300)

 

Mouse PS2 hingga saat ini masih tetap digunakan walaupun penggunanya terbilang tinggal sedikit saja berhubung telah banyaknya mouse dengan tipe dan teknologi yang lebih baru.

Dari segi bentuk, Mouse PS2 mempunyai ciri khas berwarna hijau pada bagian ujung kabelnya, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru atau ungu.

 

5. Mouse USB

mouse-USB1 (400 x 300)

Hingga saat ini Mouse jenis USB masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena Mouse USB sangat kompatibel untuk komputer jaman sekarang.

Dilihat dari bentuknya, Mouse USB mempunyai ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya sangat mudah, anda tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer anda, dan mouse pun siap untuk digunakan.

 

6. Mouse Wireless

Mouse-wireless1 (400 x 300)

 

Teknologi terbaru dari mouse adalah di buatnya mouse dengan fitur wireless. Dengan adanya wireless maka penggunaan kabel pun berhasil dihilangkan, dan mouse bisa di gunakan dari jarak yang cukup berjauhan dengan komputer.

Penggunaan mouse wireless sangat mudah, anda tinggal colokkan wireless device ke port usb dan mouse anda pun akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.

Dari segi harga, tentu saja Mouse Wireless lebih mahal dari mouse yang di sebutkan di atas, dan kekurangan lainnya dari penggunaan mouse jenis ini adalah adanya baterai yang di letakkan pada mouse sehingga anda akan menggantinya secara berkala jika baterai sudah dalam keadaan lemah atau low.

Firmansyah Agustyahna

Electrical Engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: