Pengertian Motherboard

Motherboard merupakan salah satu komponen komputer yang paling vital. Memilih motherboard harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kita tidak mungkin menggunakan motherboard Asus ROG Maximus VIII Extreme hanya untuk membuka microsoft office bukan? atau mungkin saja? Baik, kali ini penulis akan membahas tentang mainboard atau motherboard. Penulis akan membahas tentang pengertian, fungsi, cara kerja dan lain-lain. Agar mudah motherboard akan ditulis dengan kata mobo.

 

Mobo 1

Pengertian Motherboard

Motherboard / mainboard  / mobo yang Indonesianya papan induk adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat berhubungnya komponen-komponen hardware komputer lain terpasang, Mobo merupakan papan PCB yang isinya banyak komponen elektronika, terdapat banyak socket untuk meletakan hardware-hardware komputer lain.

Mobo 2

 

Fungsi Motherboard

Mobo memiliki fungsi utama sebagai penghubung hardware-hardware komputer. Kalau menurut saya mobo juga berfungsi sebagai penghemat kabel karena jika RAM, Processor, VGA dan lain-lain dipisahkan komputer akan sangat berantakan.

Mobo 5

 

Cara Kerja Motherboard

Sebagai penghubung antar komponen komputer. Mobo tentu akan membaca bahasa program antar komponen seperti RAM dan VGA ke dan kembali dari processor. Mobo bekerja seperti saraf manusia, mobo akan membawa data antar komponen, dan mengembalikannya ke tempatnya berada.

Mobo 10

Komponen Motherboard

Menurut saya komponen mobo dibagi menjadi 2 secara umumnya yaitu chipset dan socket. Chipset mengatur lalu lintas data dan socket berfungsi sebagai alat menaruh hardware komputer

Chipset

Chipset berfungsi sebagai komponen utama penghubung antar hardware komputer. Chipset dibagi 2, yaitu :
North bridge dan South bridge
North bridge terhubung ke memory bus, bus FSB dan bus AGP. Memory bus akan terhubung ke memori, FSB akan terhubung ke processor dan AGP akan terhubung ke kartu grafis.
South bridge terhubung ke ATA dan PCI. ATA akan terhubung ke disk drive yang menyediakan jalan antara motherboard dan disk drive disk drive termasuk Compact (CD-drive) dan Hard disk drive. PCI akan terhubung ke PCI berbasis perangkat keras.

Mobo 3

 

Socket

Socket pada motherboard berfungsi sebagai tempat meletakan hardware komputer yang lain. Socket pada motherboard  terdiri dari :
1.Socket Procesor
2.Socket RAM
3.Socket PCI dan PCIe
4.Sata Slot
5.Cable Configuration Slot
6.Integrated Peripheral Socket atau External Socket
7.CMOS Battery Slot
8.Power Socket

  • Mobo 4
Beberapa Jenis Motherboard
AT (Advanced Technology)

Mobo 5

 

Mobo AT adalah mobo yang memiliki dimensi ukuran beberapa ratus milimeter, cukup kecil tetapi tidak mampu untuk masuk dalam Mini Computer. Mobo ini menyulitkan kita jika ingin menambah komponen external karena tidak adanya socket external. Ukuran mobo ini membuatnya sulit dalam membedakan konektor power socket sehingga akan menyebabkan kerusakan perangkat. Motherboard tipe ini diproduksi di pertengahan tahun 80-an, umur motherboard ini berlangsung cukup lama mulai dari Pentium p5 sampai Pentium 2 sudah mulai digunakan.

ATX (Advanced Technology Extended)

Mobo 6

 

Mobo ATX adalah mobo yang diproduksi oleh Intel pada pertengahan tahun 90-an sebagai perbaikan dari tipe mobo sebelumnya yaitu mobo AT. Mobo ini merotasi posisi CPU dan RAM 90 derajat dari seri sebelumnya. Mobo ATX menambah socket I/O langsung ke mobo.

 

LPX (Low Profile Extension)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Motherboard LPX diciptakan setelah motherboard AT tahun 90-an. Yang membedakan motherboard ini dengan seri sebelumnya adalah port I/Onya terdapat dibelakan papan. Penempatan Riser Card juga membantu dalam penambahan slot tetapi menggangu aliran udara. Papan LPX berkualitas rendah dan tidak ada slot AGP yang nyata sehingga terkoneksi ke PCI Bus.
Hal-hal ini adalah penyebabnya motherboard ini punah dan digantikan oleh tipe NLX.

BTX (Balanced Technology Extended)

Mobo 9

 

Mobo ini memberikan keuntungan dalam mengatur suhu dan memiliki keunggulan dalam mengatur sirkulasi udara. Mobo ini diciptakan pada tahun 90-an yang dikarenakan kekhawatiran pengguna komputer canggih terbaru yang membutuhkan daya yang tinggi serta suhu yang cukup panas.Mobo tipe BTX dihentikan pengembangannya pada september 2006 oleh intel.

ITX (Information Technology Extended)

 

Mobo 8

 

Mobo dengan ukuran yang lebih kecil yang didesain oleh VIA tahun 2001. Mobo ini kebanyakan digunakan pada komputer Small Form Factor (SFF). ITX kebanyakan digunakan pada komputer home theater karena ukurannya yang kecil, penggunaan daya yang rendah dan suara fan yang tidak terlalu besar.

Sejujurnya masih banyak tipe-tipe mobo tetapi penulis hanya mengambil tipe mobo yang terkenal dan gampang dicari penjelasnya.

 

 

3 thoughts on “Pengertian Motherboard

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: