Pengertian Keyboard

Dalam sebuah komputer, keyboard merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya.

 

Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data dapat berupa huruf, angka, simbol dan sebagainya. Definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Umumnya port keyboard yang sering digunakan pada komputer ada 2 macam, yaitu diantaranya PS2 dan USB, tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa kabel.

 

Fungsi Keyboard

Selain menjadi sebagai alat untuk input data, keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus, yaitu sebagai berikut :

 

Keyboaard Shortcuts (Microsoft Windows)

– Ctrl + C (Copy) = Untuk menyalin teks atau folder

– Ctrl + X (Cut) = Untuk menggandakan file atau folder lalu menghapusnya

– Ctrl + V (Paste) = Untuk menempelkan atau melekatkan sehabis copy atau cut

– Ctrl + Z (Undo) = Untuk kembali ke perintah sebelumnya

– Delete (Hapus) = Untuk menghapus folder atau file

– Shift + Delete = Untuk menghapus folder atau file secara permanen

– Ctrl dan mengklik folder atau file = Untuk memilih folder atau file yang ingin dicopy, cut, move

– Ctrl + Shift dan mengklik = Untuk memilih sebagian folder atau file yang ingin dicopy, cut, move

– F2 dan mengklik fungsinya = Untuk memberi nama ulang folder atau file

– Ctrl + Right Arrow = Untuk pindah ke titik awal kata berikutnya

– Ctrl + Left Arrow = Untuk pindah ke titik awal kata sebelumnya

– Ctrl + Down Arrow = Untuk pindah ke titik awal paragraf berikutnya

– Ctrl + Up Arrow = Untuk pindah ke titik awal paragraf sebelumnya

– Ctrl + Shift dengan menekkan salah satu arah = Untuk memilih folder atau file

– Ctrl + A = Untuk memilih semua folder atau file

– F3 = Untuk mencari sebuah folder atau file

– Alt + Enter = Untuk melihat properties folder atau item

– Alt + F4 = Untuk keluar dari sebuah program

– Alt + Space = Untuk menampilkan menu pintas pada jendela program yang sedang aktif

– Alt + Tab = Untuk pindah ke folder atau program yang sedang aktif

– F4 = Untuk menuju direktori folder di windows

– Shift + F10 = Untuk menampilkan menu item yang dipilih

– Ctrl + Esc = Untuk menampilkan start menu

– F10 = Untuk menampilkan menu pintas dalam program yang sedang aktif

– F5 = Untuk refresh file atau folder yang sedang aktif

– Backspace = Untuk kembali ke folder yang sebelumnya atau untuk menghapus huruf

– Esc = Untuk membatalkan perintah yang sedang dijalankan

– Shift lalu memasukkan CD atau DVD = Untuk membatalkan perintah autoplay pada CD/DVD-ROM

– F1 = Untuk membuka help

– Ctrl + F10 = Untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan yang sedang aktif

– Ctrl + Tab = Untuk pindah ke tab browser selanjutnya

– Ctrl + Shift + Tab= Untuk pindah ke tab browser sebelumnya

– Tab = Untuk bergerak maju melalui menu

– Shift + Tab = Untuk bergerak mundur melalui menu

– Enter = Untuk menjalankan perintah pada suatu program

– Windows Logo = Untuk menampilkan start menu

– Windows Logo + Break = Untuk menampilkan sistem properties windows

– Windows Logo + D = Untuk mengembalikan ke tampilan

– Windows Logo + M = Untuk meminimalkan semua jendela

– Windows Logo + E = Untuk membuka my computer

– Windows Logo + F = Untuk membuka pencarian pada sebuah file atau folder

– Windows Logo + L = Untuk mengunci tampilan windows

– Windows Logo + R = Untuk membuka kotak dialog yang dijalankan

– Windows Logo + U = Untuk membuka utilitas manager

 

Jenis-Jenis Keyboard

Jenis-jenis keyboard dibedakan menjadi 3, yaitu :

 

  • Menurut Fungsinya

1. Typewriter Key

Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut : Back Space, Caps Lock, Delete, Esc, End, Enter, Home, Insert, Page Up, Page Down, Shift, dan Tab.

2. Numeric Key

Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard, tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator Num Lock menyala, maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator Num Lock mati, maka tombol ini berfungsi sebagai Arrow Key.

3. Function Key

Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.

4. Special Function Key

Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol ini akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok dengan menekan bersamaan tombol Shift dan Arrow Key. Untuk menggerakan kursor dengan menekan bersamaan Ctrl dan Arrow Key.

 

  • Menurut Port Yang Digunakan

1. Keyboard Serial

keyboard Serial (500 x 375)

Pada keyboard jenis ini cukup berbeda karena memiliki port yang berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukuran yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal.

Jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 male. Keyboard serial ini biasa digunakan oleh komputer yang berjenis AT. DIN 5 male ini adalah port pada keyboard yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan keyboard dengan komputer. 5 jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan lagi.

 

2. Keyboard PS2

Keyboard-ps2 (800x600) (400 x 300)Keyboard PS2 jenis ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor ini memilki tugasnya masing-masing. Sehingga saling terkait antara satu jarum dengan jarum lainnya.

Jenis keyboard ini sama halnya dengan keyboard serial, namun penggunaannya dipakai untuk komputer yang berjenis ATX. Jenis keyboard inilah yang kebanyakan digunakan. Dalam proses pemasangan pada keyboard ini haruslah sangat cermat sebab port yang dimiliki sangatlah mirip dengan port mouse, sehingga butuh ketelitian saat menghubungkan port keyboard ini agar dapat terhubung dengan baik.

 

3. Keyboard Wireless

Keyboarrd-wireless 750x464 (375 x 232)Jenis keyboard ini berbeda dari jenis keyboard yang lainnya, karena jenis keyboard ini tidak memiliki kabel tapi sudah menggunakan teknologi wireless sesuai dengan nama dari keyboard ini. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, wifi, dan bluetooth.

Untuk menghubungkan dengan komputer, dibutuhkan sebuah unit pemancar dan penerima. Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerimanya di pasang pada port USB pada PC.

Kebanyakan pula, keyboard wireless menjadi salah menjadi salah satu keyboard favorit yang digunakan karena tidak ribet menggunakan kabel.

 

4. Keyboard USB

keyboard usb (555 x 241)

Keyboard USB ini banyak pula digunakan oleh semua komputer, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel, jenis konektor yang digunakan adalah USB yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Disinilah fungsi port yang digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port USB yang lebih mudah bila di bandingkan dengan port PS2.

Selain rentan akan kerusakan, keyboard ini memiliki kabel yang lebih tipis bila di bandingkan dengan versi keyboard sebelumnya.

 

  • Menurut Segi Tombol

1. Keyboard QWERTY

keyboard qwerty (660 x 166)

Keyboard ini dinamakan sesuai dengan tombol yang diambil dari 6 huruf yang berurutan pada baris huruf di keyboard tersebut. Keyboard ini di desain sedemikian rupanya sehingga key yang paling sering di tekan terpisah letaknya sejauh mungkin untuk mempermudah pengetikan dan meminimalkan kemacetan pada saat seseorang sedang mengetik (pada mesin ketik mekanik).

Meskipun begitu, 48 persen dari gerakan diantaranya huruf yang berurutan harus dilakukan dengan tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row. Contohnya saja huruf “A” yang sering digunakan dan diketik dengan jari kelingking yang lemah. Keyboard QWERTY ini sangat familiar dan sudah ada sejak tahun 1973 dan telah menjadi keyboard umum untuk komputer atau laptop.

 

2. Keyboard Maltron

keyboard-maltron 800x600 (400 x 300)

Keyboard yang satu ini memiliki bentuk yang unik yaitu bentuk cekung ke dalam. Dengan pertimbangannya bahwa saat jari-jari di posisikan untuk mengetik. Maka jari-jari tidak membentuk garis lurus, namun maltron sendiri berasal dari produsen yang membuatnya berkeyakinan dengan menggunakan keyboard maltron tersebut pengetikkan akan lebih mudah.

Bahkan beberapa orang berpendapat lebih mudah mengetik dengan 10 jari dibandingkan dengan 8 jari yang biasa digunakan dengan keyboard lainnya. Sebab pada keyboard ini memiliki bentuk yang unik dan melengkung.

Penggunaan pada keyboard ini di percaya dapat membuat keyboard tidak mudah rusak di karenakan desainnya yang dibuat mempermudah pada saat mengetik dan posisi tangan pada saat mengetik.

 

3. Keyboard Numeric

keyboard-numeric800x600 (400 x 300)Keyboard ini biasa digunakan untuk memasukan bilangan dengan jumlah yang besar. Karena jika menggunakan keyboard ini, tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan dan akan lebih mudah.

Keyboard ini kebanyakan digunakan untuk para accounting dalam memasukan angka-angka dalam jumlah yang besar pada komputer maupun laptop. Selain lebih fleksibel dan lebih mudah, keyboard ini akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai dalam waktu yang singkat.

Keyboard ini menggunakan port USB pada komputer maupun laptop, yang hanya bisa mencolokkan USB pada komputer maupun laptop.

 

4. Keyboard Dovrak

Keyboard-Dvorak-800-x-600 (400 x 300)

Dengan susunan huruf yang ada di keyboard ini, tangan kanan akan lebih banyak menerima pekerjaan dibandingkan tangan kiri. Selain itu, sekitar 70 persen dirancang agar ketukan jatuh pada home row sehingga dapat mengurangi kelelahan dalam pengetikan.

Tidak banyak yang meggunakan keyboard ini dan masih banyak user yang belum mengetahui secara rinci mengenai keyboard ini. Keyboard ini menjadi american style karena hanya dominan digunakan di negara Amerika saja.

 

5. Keyboard Alphabetik

keyboard-Alphabet-800-x-600 (400 x 300)

Pada keyboard ini memiliki susunan tombol-tombol hurufnya sesuai urutan alphabet, akan tetapi tingkat popularitas kalah saing dengan QWERTY. Biasanya keyboard ini di pakai untuk anak-anak yang ingin belajar mengetik, karena disusun sesuai alphabet.

Keyboard ini memang disusun layaknya keyboard QWERTY untuk mempermudahkan para user untuk mengetik. Keyboard tersebut memiliki format QWERTY. Namun dalam bentuk susunan alphabet, keyboard ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan sebagai berikut:

 Kekurangan

Bagi para pengetik, justru keyboard ini akan memperlambat pengetikan karena memiliki susunan huruf yang berurutan.

 Kelebihan

Memiliki susunan huruf yang berurutan, dan ini juga membantu anak-anak untuk belajar mengenal huruf alphabet.

 

6. Keyboard Chord

Keyboard-chord-800-x-600 (400 x 300)Keyboard ini hanya memiliki 4 sampai 5 tombol. Jika ingin memasukkan satu huruf lainnya, maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Penekanan tombol secara bersamaan ini sekaligus akan mengaktifkan keyboard untuk digunakan.

Kkeyboard ini juga ada 2 jenisnya, sebagai berikut:

Keyboard Palantype

Keyboard ini memiliki 3 karakter, konsonan awal kelompok pada bagian kiri, konsonan tengah menunjukkan kelompok vokal, dan konsonan terakhir pada bagian kanan.

Keyboard Senotype

Keyboard ini biasanya dipakai oleh wartawan untuk mencatat hasil wawancara lebih cepat. Sesuai dengan namanya, steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang.

 

7. Keyboard Klockenberg

keyboard klockenberg

Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard sebelumnya yang sudah ada. Keyboard ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian kiri dan kanan di pisahkan dangan sudut 15 derajat dan dibuat miring kebawah.

Keyboard ini dibuat lebih dekat atau lebih tipis dan dekat dengan meja, sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak pada keyboard ini tidak hanya mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan. Akan tetapi juga mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, sebab terpisahnya bagian kiri dan kanan akan menjadi relatif lebih banyak untuk memakan ruang.

 

8. Epic-Bluetooth Virtual Keyboard

Epic-bluetooth-virtual-keyboard-800-x-600 (400 x 300)Keyboard ini adalah keyboard keluaran terbaru yang dinati-nantikan oleh setiap user. Keyboard ini berbentuk epis bluetooth virtual. Keyboard ini muncul dengan laser layakanya sebuah senter.

Keyboard ini tidak hanya digunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone, maupun Tablet. Susunan keyboard yang digunakan adalah QWERTY dan akan memungkinkan bisa mengetik dengan 350 karakter permenitnya.

Firmansyah Agustyahna

Electrical Engineer

3 thoughts on “Pengertian Keyboard

  • April 12, 2016 at 13:28
    Permalink

    Nice weblog here! Also your site a lot up fast! What web host are you the usage of? Can I get your associate hyperlink in your host? I want my website loaded up as quickly as yours lol
    zapOr

    Reply
    • April 12, 2016 at 15:42
      Permalink

      Thank you for your appreciation! We don’t use any web hosting service, we have own server.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: