Pengertian Heatsink & Fan Pada Komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari heatsink dan fan pada sebuah komputer. Sudah berapa lama kita menggunakan komputer maupun laptop ? Tapi, tahukah anda bagaimana sebuah komputer maupun laptop bisa bertahan saat digunakan berjam-jam ? Padahal seluruh komponen bekerja, tetapi tidak terlalu mengeluarkan panas dari komponen komputer maupun laptop tersebut. Pada saat itulah heatsink dan fan ikut berkontribusi menguraikan panas dan mendinginkan suhu pada komputer maupun laptop.

Heatsink dan Fan

 

  • Heatsink

Heatsink

 

Pengertian Heatsink

Heatsink merupakan logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun dan juga tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses transfer panas dari sebuah processor. Komponen-komponen CPU yang biasanya dipakai untuk menyerap panas ini biasanya terbuat dari bahan alumunium yang biasanya banyak dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk lebih mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar cpu, proses ini akan menyebabkan meningkatnya performa kerja komputer.

Heatsink ini bisa anda temukan terpasang diatas processor (CPU), di atas chip VGA card (GPU), dan juga bisa anda temukan pada jenis RAM kelas high-end.

 

Fungsi Heatsink

Heatsink ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila Semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda, maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut. Oleh karena itu heatsink ini sangatlah berguna untuk kinerja sebuah komputer.

 

  • Fan

Fan

 

Pengertian Fan

Fan atau Kipas pendingin adalah semua kipas yang terdapat di dalam casing komputer, fan ini ada yang menempel di casing ada juga yang menempel di atas heatsink.

 

Fungsi Fan

Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Saat anda menyalakan komputer dan menggunakannya untuk beberapa waktu lama, maka komputer tersebut akan menimbulkan panas pada beberapa bagian komponennya. Untuk mendinginkan komponen tersebut serta untuk menghindari panas yang berlebih maka digunakan kipas dalam komputer.

 

Cara Kerja Heatsink dan Fan

Heatsink ini bekerja pada saat proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat itu tidak menghasiklan panas maka heatsink pun tidak akan berputar, heatsink ini akan menerima panas dari processor lalu panas yang dihasilkan processor tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata. Panas yang dihasilkan processor tadi haruslah dibuang, dan yang berfungsi untuk membuang panasnya adalah fan, fan ini akan menyemburkan banyak udara keseluruh bagian heatsink dan membuang seluruh panas yang ada.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: