Pengertian Graphics Processing Unit

tahukan kalian bagaimana Komputer kalian dapat menampilkan gambar-gambar indah dilayar monitor anda? Tentu ada perangkat yang bekerja mengatur itu semua. Benda tersebut merupakan GPU atau Graphics Processing Unit. Hardware inilah yang berperan besar dalam mengolah gambar di komputer anda. Penulis akan membahas banyak hal tentang GPU.

Pengertian GPU

GPU (graphics processing unit) adalah Chipset yang memproses dalam hal ini adalah rendering digital images data dari processor ke display (Monitor). Sistem komputer model lama memiliki built in GPU di dalam motherboardnya sementara sistem komputer model baru memiliki built in GPU di dalam processornya. Walaupun telah memiliki built in GPU di dalamnya, kemampuan built in GPU ini masih basic “ecek-ecek” sehingga tidak akan mampu memproses images data dalam jumlah besar (melakukan tugas-tugas berat).

 

GPU 1
Cara Kerja dan Fungsi GPU

GPU bekerja dengan memproses data berupa angka koordinat menjadi data bitmaps, kemudian data bitmaps diubah menjadi signal ke layar monitor. Simpelnya GPU berfungsi untuk merubah angka 0 dan 1 menjadi gambar visual yang indah pada layar monitor anda.

 

GPU 2

Antara CPU dan GPU

GPU dan CPU memiliki fungsi yang hampir sama yaitu mengolah data. CPU memiliki kelemahan dalam jumlah corenya. CPU hanya memiliki beberapa core saja disertai dengan beberapa thread, sementara GPU memiliki ratusan bahkan ribuan core didalamnya. CPU memang menang dalam kecepatan membaca data tetapi dalam proses images processing dan rendering diperlukan “jumlah”. Hal inilah yang membuat GPU bertugas dalam proses pengolahan images data.

 

GPU 3

Antara Integrated GPU dan Dedicated GPU

GPU merupakan salah satu komponen terpenting didalam komputer. Integrated GPU merupakan GPU yang tertanam (built in) didalam sistem komputer (Motherboard dan Processor). Integrated GPU akan memakan RAM pada sistem komputer sekitar 1 – 5 % tergantung dari task-task komputer kita. Integrated GPU hanya digunakan dalam rendering gambar 2D, tulisan dan tampilan komputer. Dedicated GPU merupakan GPU yang ditambahkan dalam sebuah sistem komputer. Graphics card atau video card merupakan GPU eksternal yang ditambahkan dan dipasang pada slot ekspansi. Dedicated GPU banyak memiliki tambahan komponennya sendiri.

 

GPU 4 (2)

 

Tentang Dedicated GPU (Graphics Card)

Simpelnya graphics card adalah GPU dengan tambahan body yang dipasang secara eksternal (hardware tersendiri) dengan banyak tambahan komponen didalamnya, contohnya independent memory, cooling system (baik berupa fan ataupun watercooling), slotnya  dan display outputnya. Graphics card memiliki banyak sekali keunggulan terlebih kemampuannya dalam mengolah data. Kelemahan Graphics card sendiri adalah harganya, kita harus menambah biaya untuk membeli hardware ini.

 

GPU 5

 

Beberapa Komponen Di Graphics Card

 

Memori

Memori pada graphics card berfungsi untuk menyimpan data sementara setelah data diproses dan sebelum data dirender ke layar monitor. Saat ini memori pada graphics card telah menggunakan tipe GDDR5, yang berbasis tipe RAM DDR3 pada laptop dan komputer dengan penambahan bandwidth untuk menampung data dalam jumlah besar.

 

Slot dan Display Output

Slot pada graphics card pada PC adalah via PCIe slot. PCIe mampu mentransfer data secara cepat, kecepatan ini merupakan kecepatan yang dibutuhkan oleh graphics card. Biasanya graphics card menggunakan PCIe x16 slot.
Display Output graphics card yang paling banyak ditemui saat adalah VGA, tetapi untuk yang paling baru adalah HDMI.

GPU 6

 

 

Penjelasan Singkat Beberapa Output Umum Pada Graphics Card :

 

DVI

DVI atau Digital Visual Interface adalah Video Display Interface yang dikembangkan oleh DDWG atau Digital Display Working Group. Didesign untuk mentransmit data digital video yang belum dikompres dan dapat dikonfigurasi agar support dengan banyak modes seperti DVI-D, DVI-A, DVI-I.

 

VGA

Video Graphics Array adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA saat ini sudah tidak digunakan dan digantikan oleh standar yang lebih tinggi. Tetapi, VGA masih diimplementasikan pada pocket PC.

 

HDMI

High-Definition Multimedia Interface adalah salah satu interface peralatan audio atau video digital tanpa kompresi yang banyak didukung oleh industri. HDMI tipe A memiliki 19 pin sementara tipe B memiliki 29 pin, tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p.

 

GPU 7

 

Cooling System

Graphics card dahulu kala tidak menggunakan bantuan pengurai panas. Kemudian seiring berkembangnya zaman graphics card mulai dipasangi heatsink kemudian fan dan terakhir sistem watercooling.

 

GPU 8GPU 8 (2)

Graphics Card atau VGA Card

Mayoritas masyarakat Indonesia masih menggunakan kata VGA Card ketimbang Graphics Card atau Video Card atau Kartu Grafis. Seperti yang dijelaskan diatas VGA merupakan display output pada graphics card. Jadi kita jangan sampai salah kaprah dengan menyebut graphics card dengan VGA card (Kecuali display outputnya berupa VGA).

 

GPU 3 (2)

Produsen Pembuat GPU

Banyak sekali vendor pembuat GPU, tetapi hanya ada dua vendor terkemuka yang menguasai pasar internasional yaitu NVIDIA dan AMD. NVIDIA memiliki banyak produk mulai dari NVIDIA GeForce, Quadro, Tegra, Tesla dan lainnya. Sementara AMD dengan Radeon dan FirePro.

 

GPU 9

 

Sekedar Tambahan

Untuk agan-agan semua yang masih belum ngerti bedanya EVGA GTX 980 Ti Hybrid dengan MSi 980 Ti Sea Hawk (Contoh”Merek bisa diganti-ganti”)? Bukannya sama-sama NVIDIA GeForce GTX 980 Ti? Jawabannya simpel, produsen seperti EVGA, MSi, ASUS, ZOTAC dll membeli chipset (GPU) dari NVDIA atau AMD kemudian mereka membuat graphics card dengan cara mereka sendiri. ASUS dengan DirectCU II miliknya, EVGA dengan HYBRIDnya, MSi dengan Sea Hawknya dan masih banyak lainnya.

 

SLI Dan Crossfire

Simpelnya SLI dan Crossfire merupakan teknologi dari NVIDIA maupun AMD berupa penggabungan 2 sampai graphics card yang “sama”. Aturan dalam membuat SLI dan Crossfire sangat simpel yaitu graphics card harus sama dalam pengertian GPU dalam graphics cardnya harus sama, kita boleh menggabungkan EVGA GTX 980 Ti Hybrid dengan MSi 980 Ti Sea Hawk. Graphics card digabungkan dengan SLI atau Crossfire Bridge. Tidak semua graphics card dapat di SLI ataupun Crossfire.

 

GPU 10

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: