Pengertian CD/DVD ROM

Pernah tidak kalian memasukkan video atau film ke kaset? Tau tidak perangkat yang membaca CD/DVD itu apa? Perangkat itu adalah CD/DVD ROM, tau tidak fungsinya untuk apa? Saya akan memberikan informasi mengenai pengertian CD/DVD ROM dan juga sekaligus fungsinya dan lain sebagainya.

 

Pengertian CD/DVD ROM

CD/DVD ROM merupakan perangkat yang berfungsi untuk membaca CD / DVD dan juga untuk memburning data dari komputer kalian ke dalam CD / DVD yang diinginkan. CD/DVD ROM dibagi menjadi 2 tipe, yaitu ATA/IDE dan SCSI, dan yang membedakan adalah kecepatannya.

 

Fungsi CD/DVD ROM

CD/DVD ROM berfungsi untuk membaca data dari CD/DVD dan juga dapat menulis data dari PC ke CD/DVD, selain fungsi dasar tersebut CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk menginstall sistem operasi, game, dan juga software.

 

Perbedaan DVD R dan DVD RW

1. DVD R memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding DVD RW. DVD R memiliki kapasistas 4489MB, sedangkan DVD RW memiliki kapasitas 4483MB.

2. DVD R memiliki simulation mode untuk burning test.

3. DVD RW memiliki kecepatan burning lebih cepat dibandingkan DVD R.

4. DVD RW memiliki kompabilitas lebih tinggi dibandingkan DVD R.

5. DVD R hanya dapat digunakan sekali untuk memburning suatu data, dan setelah itu tidak dapat diubah ataupun dihapus (permanen). DVD RW dapat digunakan berkali-kali untuk memburning suatu data, setelah itu dapat dihapus dan diubah kembali.

 

Jenis-Jenis CD/DVD ROM

 

Semoga berbagai informasi tentang CD/DVD ROM diatas membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Rizky Adi Prasetyo

First like reading, from reading like writting, from writting like you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: