Pengertian Casing Komputer

Perangkat yang satu ini selalu terabaikan jika kita ingin merakit atau membeli sebuah komputer. Walaupun komputer masih bisa digunakan walaupun tanpa casing, tetapi tetap saja komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat berarti bagi sebuah komputer. Casing ini tidak boleh asal beli, harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalkan anda seorang gamers, maka casing komputer yang anda gunakan sebaiknya menyesuaikan, jangan menggunakan casing yang standard. Karena apabila hal itu terjadi maka akan berakibat buruk terhadap komputer yang anda miliki.

 

Pengertian Casing Komputer

Casing merupakan sebuah rumah yang berbentuk kotak, casing merupakan tempat diletakkannya hardware komputer, seperti motherboard, harddisk, DVD ROM, dan perangkat-perangkat lainnya. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat hardware pada komputer. Dengan adanya casing, maka hardware komputer yang lainnya akan lebih aman terhadap debu, kotoran, dan benturan. Hardware komputer seperti motherboard, harddisk, prosessor, RAM dan hardware lainnya sangat sensitif terhadap debu dan benturan, maka dari itu dibuatlah casing yang berfungsi untuk melindungi semua hardware. Dengan diletakkannya hardware di dalam komputer, ini bertujuan agar hardware itu lebih aman terhadap benturan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada hardware tersebut.

 

Fungsi Casing Komputer

Fungsi utama dari casing ini adalah melindungi komponen komputer dari debu, air, panas yang berlebihan, kotoran lainnya pada saat sedang digunakan dan tentunya melindungi terhadap benturan fisik. Intinya, casing ini merupakan rumah dari hardware komputer, karena di dalam casing inilah semua hardware penting penyusun komputer berada.

 

Jenis-Jenis Casing Komputer

 

1. Casing Desktop

desktop

Casing Desktop merupakan casing yang berbentuk kotak yang memiliki ukuran lebar sekitar 30-40 cm dan panjang kira-kira 50-60 cm. Casing jenis ini biasanya diletakkan langsung di bawah monitor dan casing ini bukan merupakan casing yang jadul atau ketinggalan zaman, buktinya masih banyak orang yang menggunakan casing jenis ini. Banyak orang yang masih menggunakan casing jenis ini karena memiliki ukuran yang lebih kecil, hanya saja casing jenis ini juga memiliki kekurangan, yaitu casing ini cukup berat.

 

2. Casing Tower

tower

Pada tahun 2012, banyak pengguna komputer yang masih banyak menggunakan jenis casing tower ini. Casing jenis ini memiliki ruang yang lebih besar, luas, suhu didalam yang tidak cepat panas, dan lebih mudah jika ingin menambah komponen komputer lainnya. Casing komputer jenis ini ada 2, yaitu mini tower dan middle tower.

 

3. Casing Mini ITX

mini itx

Casing Mini ITX ini merupakan rancangan baru dengan desain yang lebih elegan. Casing ini mulai dipromosikan setelah tahun 2012. Saat ini banyak pengguna komputer yang sudah menggunakan casing jenis ini.

 

4. Casing Gaming

gaming

Casing Gaming biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan luas, karena menyesuaikan dengan hardware yang digunakan untuk game. Casing ini tersusun sangat rapi begitu juga dengan kabel-kabelnya, dan yang pastinya suhu didalam casing ini harus sejuk dan dingin agar komponen yang ada bekerja dengan baik.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: