Pengertian Bottleneck

Melanjutkan pos tentang RAM sebelumnya, saya akan membahas tentang bottleneck. Nah, apa sih itu bottleneck? Yang jelas bottleneck yang akan saya bahas disini adalah bottleneck pada hardware komputer bukan bottleneck pada gitar.

 

BN 2

 

Pengertian Bottleneck

Secara kasarnya bottleneck adalah leher botol. Kenapa leher botol? Itu karena leher botol selalu berukuran lebih kecil dari badan botolnya. Karena ukurannya lebih kecil maka akan terjadi penyempitan jalur di leher botolnya. Sehingga apa yang masuk dari badan botol itu jumlahnya besar tetapi yang keluar dari leher botol berjumlah kecil.

Konsep bottleneck dalam ilmu teknik merupakan adanya limitasi kinerja pada sistem secara keseluruhan karena salah satu komponen. Bottleneck pada komputer terjadi pada aliran data yang keluar masuk hardware. Konsep bottleneck dapat diterapkan pada hardware dan software komputer, ilmu teknik, gitar, jalanan dan masih banyak lainnya.

BN 1

Penyebab Bottleneck

Bottleneck pada hardware komputer terjadi karena penyumbatan data pada salah satu atau lebih hardware komputer. Penyumbatan ini umumnya terjadi karena hardware komputer tidak dapat memproses data secara cepat. Hardware yang menyumbat ini biasanya memiliki spesifikasi yang lebih lemah dibandingkan hardware-hardware yang lain. Tempat terjadinya bottleneck pada umumnya di Processor, RAM, VGA, dan HDD.

BN 3

Akibat Bottleneck

Bottleneck akan merusak sistem, bottleneck akan membuat komputer tidak bekerja secara optimal. Dampak tidak optimalnya komputer juga akan berakibat pada sistemnya.

 

BN 4

Kesalahan Umum Yang Menyebabkan Bottleneck

Penyebab bottleneck pada umumnya adalah kesalahan memilih komponen komputer. Menggabungkan Intel Core i7 dengan ATI Radeon 4350 HD adalah kesalahan fatal. Menggabungkan 2 atau lebih RAM dengan ukuran dan kecepatan memang mungkin, tetapi akan berakibat fatal.

Contoh kasus :
Saya memiliki komputer dengan spesifikasi
Processor Intel Core i7 5960x 3 GHz
Motherboard Asus ROG Maximus VII Ranger
RAM 2 x 4 GB Corsair Vengeance 1600 MHz and 1 x 8 GB Corsair XMS 1333 MHz
MSi Cyclone NVIDIA Geforce GTX 460
3 x 1 TB Seagate Baracuda 7200 RPM

Dimana Bottleneck akan terjadi? Bottleneck terjadi di GPU dan RAM. GPU Geforce GTX 460 tidak kuat menerima pasokan data dari Intel Core i7 5960x sementara perbedaan ukuran dan kecepatan pada RAM akan menyebabkan bottleneck yang sangat parah.

 

BN 5

Cara Pencegahan

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menyetarakan spesifikasi komputer kita agar tidak terjadi bottleneck.

 

BN 6

 

Bottleneck memang tidak akan memberi dampak langsung kepada pengguna komputer. Tetapi komputer akan mengalami kerusakan fatal jika tidak ditangani. Bottleneck dapat diukur dengan menggunakan bottleneck calculator di Thebottlenecker.com. Thebottlenecker.com akan meminta kita menginput spesifikasi komputer kita dan akan memberi perhitungan mengenai dimana bottleneck akan terjadi.

 

BN 7

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: