Mengenal Versi Dari Windows 10

Windows 10 akan menjadi satu sistem operasi utama yang akan berjalan di berbagai perangkat seperti desktop, tablet, smartphone, Xbox One, Surface Hub dan HoloLens. Seluruh pengguna Windows 10 nantinya akan mendapatkan pengalaman yang konsisten antar perangkat dan dapat membeli aplikasi di dalam 1 toko aplikasi yang sama tidak peduli perangkat yang sedang digunakan.

Seperti kebiasaan yang sudah dilakukan, Microsoft akan menawarkan beberapa edisi dari Windows 10. Perbedaan yang ditawarkan lebih kepada fitur spesifik yang biasanya dibutuhkan oleh satu kelompok pengguna tertentu.

Inilah daftar edisi Windows 10 yang dapat Anda miliki.

1. Windows 10 Home

 

Ini adalah versi yang paling umum yang menjangkau sebagai besar kebutuhan pengguna. Mungkin ini adalah versi yang cocok bagi Anda pengguna PC dan tablet kebanyakan. Windows 10 Home cocok untuk pengguna perangkat PC, tablet atau 2-in-1. Windows 10 Home memiliki seluruh fitur yang Anda harapkan termasuk berbagai inovasi baru seperti : Cortana, Microsoft Edge, fitur Continuum untuk tablet, Windows Hello dan aplikasi Universal terbaru seperti Photos, Maps, mail dan Calendar. Windows 10 Home juga dapat digunakan untuk memainkan berbagai game sudah dimiliki jika sebelumnya Anda sudah memiliki XBox One.

 

2. Windows 10 Mobile

 

Versi mobile dirancang khusus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi perangkat dengan ukuran layar yang lebih kecil, bersifat mobile dan dioperasikan dengan sentuhan seperti smartphone dan small tablet. Boleh dibilang Windows 10 Mobile adalah generasi selanjutnya pengganti sistem operasi Windows Phone. Windows 10 Mobile  memiliki fitur yang sama dengan Windows 10 dengan adaptasi versi Office yang lebih dioptimasi utnuk layar sentuh. Windows 10 Mobile juga akan memiliki fitur Continuum jika dihubungkan ke PC atau layar yang lebih lebar seperti TV. Bagi kebanyakan pengguna perangkat mobile dan tablet ukuran layar kecil, edisi ini adalah yang Anda butuhkan.

 

3. Windows 10 Pro

 

Windows 10 Pro adalah edisi Windows 10 yang sesuai dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah. Lingkungan ini biasanya memiliki lebih dari 20 PC. Windows 10 Pro dibangun di atas fitur Windows 10 Home dan memiliki fitur tambahan yang sesuai untuk pelaku usaha seperti peningkatan keamanan data, kemudahan pengaturan perangkat dan aplikasi dan dukungan untuk skenario Choose Your Own Device (CYOD).

 

4. Windows 10 Enterprise

 

Windows 10 Enterprise memiliki fitur yang dibangun diatas Windows 10 Pro dengan tambahan keamanan dan fitur lain yang dibutuhkan oleh perusahaan skala besar.  Kemampuan lanjutan seperti keamanan, pengaturan perangkat, identitas aplikasi dan perlindungan terhadap data melalui dukungan software yang sudah tersedia. Windows 10 Enterprise hanya dapat dimiliki melalui  program Volume Licensing, dimana pembelian sistem operasi biasanya dilakukan dalam jumlah yang besar.

 

5. Windows 10 Education

 

Versi Windows 10 yang dibangun khusus untuk kebutuhan akademik : staf, administrator, guru dan murid. Edisi ini juga hanya tersedia melalui Volume Licensing untuk Akademik.

 

6. Windows 10 Mobile Enterprise

 

Edisi ini didesain khusus untuk pengguna perangat mobile di lingkungan perusahaan. Fitur keamanan, manajemen perangkat dan produktivitias merupakan tambahan fitur yang dibenamkan di atas edisi Windows 10 Mobile. Edisi ini juga tersedia melalui Volume Licensing.

 

7. Windows 10 IoT Core 

 

Windows 10 IOT Core diklaim Microsoft sangat cocok untuk semua perangkat IOT ( Internet of Things), walau sering kali dikatakan kalau akan menjadi OS bakal di gunakan pada semua perangkat mulai dari desktop sampai ke ponsel kenyataannya masih tetap menyediakan windows 10 versi khusus model ini. Windows 10 IOT Core berjalan pada Raspberry Pi 2 dan Minnowboard Max, secara detail bekerja di perangkat pakai layer dan tidak pakai layar dan versi yang lebih ringan dari sistem operasi Windows 10, sejatinya pengguna tidak akan menemukan interface windows pada desktop. Dari sebuah preview tentang Windows 10 IOT Core terlihat pada konferensi Build Microsoft pada Mei 2015 yang lalu, dari sini Microsoft telah membuat upgrade signifikan dan OS Windows 10 IOT Core berkerja dan berjalan pada web via koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Microsoft Windows 10 IOT Core sepertinya sengaja dirancang untuk memperkecil hambatan agar mudah dipergunakan pada perangkat professional dan tetap mendukung dengan berbagai bahasa open source yang ada saat ini.

 

Selain itu juga akan terdapat edisi Windows 10 untuk perangkat industri seperti ATM, point of sale dan robotik. Kalau kamu pengguna rumahan, siswa, mahasiswa, atau karyawan kantoran, maka jika ada budget lebih paling pas memilih Windows 10 Pro. Selain lebih leluasa mengatur update, bisa akses ke beberapa tools seperti Group Policy, Windows 10 Pro juga memiliki business experience yang lebih lengkap.

Namun jika budget kamu terbatas, maka Windows 10 Home juga sudah cukup memenuhi kebutuhan harian. Hal ini karena core experience Windows 10 Home sama seperti versi Windows 10 lainnya yang lebih mahal.

Jika kamu ingin menggunakan Windows 10 untuk fasilitas kantor sekelas enterprise, maka Windows 10 Enterprise paling tepat untuk digunakan karena memiliki security dan fitur manajemen yang lebih baik.

Untuk Windows 10 Education sudah tidak diragukan lagi, versi Windows ini secara khusus memang diperuntukkan Microsoft untuk fasilitas pendidikan, seperti sekolah dan universitas. Fiturnya sangat identik dengan Windows 10 Enterprise, kecuali versi Education tidak memiliki Long Term Servicing Branch.

 

 

Arief Rahman

Electrical Engineer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: