Macam-Macam Distro Linux

Banyak sekali distribusi linux yang tersedia untuk suatu tujuan tertentu, yang membuatnya sulit untuk dipilih. Berikut ini adalah daftar distribusi linux terbaik yang mungkin bisa membantu Anda untuk memutuskan menggunakan yang mana.

 

  • Ubuntu

Ubuntu_Desktop_12.10 (683 x 384)

Ubuntu adalah distro linux yang berbasis debian yang menggunakan Unity sebagai lingkungan desktop defaultnya. Ini salah satu distro paling populer, dan ubuntu juga selalu ditingkatkan dalam setiap rilis terbarunya. Rilis terbaru telah cukup banyak dipoles, dan telah dioptimalkan untuk desktop, dan perangkat multi-touch seperti trackpads dan layar sentuh.

 

  • Kubuntu

Kubuntu-desktop1104 (640 x 400)

Kubuntu merupakan turunan Ubuntu yang menggunakan KDE bukan Unity sebagai lingkungan desktop default. Sebenarnya pada dasarnya sama dengan Ubuntu dan dirilis pada jadwal yang sama.

 

  • Linux Mint

lisa_dark (643 x 405)

Linux Mint dirancang untuk menjadi distro modern yang elegan yang mudah digunakan, namun kuat. Ini didasarkan pada Ubuntu dan Debian, adalah andal, aman dan dilengkapi dengan salah satu manajer software terbaik. Belakangan ini menjadi salah satu distro Linux paling populer, mengklaim sebagai sistem operasi rumah paling populer setelah Windows dan Mac OS.

 

  • Deepin

deepin-desktop-environment (680 x 384)

Deepin adalah distro berbasis Ubuntu yang telah membangun Deepin Desktop Environment (DDE) untuk menarik pengguna Linux yang lebih baru. Dengan gaya yang sederhana dan intuitif, memiliki panel pengaturan sistem terbaik diantara distro lainnya. Deepin juga dilengkapi aplikasi sendiri, seperti DMusic, dan DPlayer.

 

  • Elementary

elementary-os-desktop (600 x 375)

Distro lain berbasis Ubuntu, Elementary OS memiliki perbedaan luar biasa sejak rilis Elementary OS Luna. Fitur yang indah, aplikasi bawaan sederhana yang mengikuti estetika OS, seperti Geary untuk email, web browser Midori, Maya Calendar, Totem movie player, dan pemain Noise Music Player.

 

  • Zorin

zorin-desktop (683 x 384)

Zorin OS telah dirancang khusus untuk pendatang baru di Linux, dengan tampilan dan nuansa yang mirip dengan Windows agar memudahkan transmigrasi dari Windows ke Linux. Fitur Berbasis Distro Ubuntu, aplikasi yang akan akrab bagi pengguna Windows.

 

  • Open Suse

desktop4 (512 x 384)

Distribusi OpenSUSE adalah distro umum untuk Linux dibangun oleh Proyek OpenSUSE, bertujuan untuk menjadi sebuah distro pemula yang besar dan sesuatu yang menarik bagi para pengguna Linux. OpenSUSE dilengkapi dengan YAST, program administrasi yang mengontrol instalasi, manajemen paket dan banyak lagi.

 

  • Fedora

fedora-linux-20-screenshot

Fedora adalah distribusi yang berfokus pada inovasi, dengan siklus hidup pendek yang cocok untuk software terbaru. Ia menggunakan lingkungan desktop GNOME secara default, namun pengguna dapat dengan mudah beralih ke KDE, Xfce, LXDE, MATE dan Cinnamon, dll. Variasi kustom dari Fedora, yang dikenal sebagai Fedora Spins, tersedia untuk pengguna dengan kebutuhan khusus.

 

  • Xubuntu

Xubuntu_13.04_English (475 x 297)

Xubuntu adalah turunan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop XFCE, yang berarti itu adalah elegan dan ringan. Ini bagus untuk laptop dan netbook serta desktop. Karena ringan dan menggunakan sedikit sumber daya sistem, sangat cocok untuk komputer lama.

 

  • Debian

debian-gnome-shell2-640x400

Debian adalah distribusi Linux yang lebih tua dengan lingkungan desktop GNOME secara default, dan itu banyak digemari baik untuk komputer pribadi dan untuk server jaringan. Namun, itu juga tersedia untuk FreeBSD dan pekerjaan sedang berlangsung untuk mendukung kernel lainnya, seperti Hurd. Dengan utilitas sederhana membuatnya mudah untuk mendapatkan lebih banyak pengguna.

 

  • Slackware

mate-slackware-011 (475 x 297)

Slackware adalah distro yang dibangun khusus untuk keamanan dan kesederhanaan, bertujuan untuk menjadi distribusi Linux yang paling seperti UNIX. Ini sangat berguna untuk manajemen server, karena memiliki FTP, email dan web server yang tersedia untuk digunakan.

 

  • Gentoo

1-aisbaa (554 x 346)

Gentoo Linux adalah distribusi dioptimalkan untuk konfigurabilitas, dan dapat disesuaikan dengan hampir semua kebutuhan. Fleksibilitas dan kinerja adalah apa yang membedakannya dari distro lain. Gentoo Linux juga dilengkapi dengan sistem manajemen paket canggih yang disebut Portage.

 

  • Centos

highly-recommended-centos-linux-on-the-desktop

CentOS (Community Enterprise System Operasi) adalah distribusi Linux yang merupakan komunitas yang dibanugn kembali dari Red Hat Enterprise Linux. Ini dirancang untuk orang yang ingin menggunakan distribusi layak usaha secara gratis.

 

  • Puppy

Puppy_Linux_5.5_Slacko (475 x 297)

Puppy Linux adalah distribusi yang sangat kecil dan dapat dijalankan sepenuhnya dari RAM. Ini berarti Puppy Linux sangat bagus untuk komputer lama, bahkan tanpa hard drive! Hal ini juga mudah digunakan sebagai malware remover untuk setiap sistem yang ada.

 

  • Manjaro

375px-XfceDE

Manjaro Linux cepat, mudah digunakan, distribusi ringan berdasarkan Arch Linux. Hal ini bertujuan untuk memberikan semua manfaat dari Arch Linux, dengan lebih user-friendly dan aksesibilitas, sehingga lebih mudah pada pendatang baru. Xfce desktop default, tetapi pilihan lain yang tersedia.

 

  • Arch

mydesk_arch_linux_by_satyriko-d2xxqt6 (634 x 396)

Arch Linux adalah distribusi yang dirancang dengan pengalaman pengguna dalam pikiran. Distribusi minimalis dan ringan ini bertujuan untuk menjaga hal-hal sederhana, dan menggunakan model rolling release untuk update. Ini fitur manajer paket custom-made yang disebut “Pacman”, yang membuatnya mudah untuk membangun, memodifikasi dan berbagi paket.

 

  • Red Hat

142530-red-hat-enterprise-linux-5-4103 (405 x 325)

Red Hat Enterprise Linux dirancang dengan urusan pelanggan perusahaan. Ada sejumlah varian dan addons, dan sertifikasi yang tersedia untuk kedua administrator dan aplikasi.

 

  • Suse

SUSE-Linux-Enterprise_1 (640 x 512)

SUSE Linux Enterprise Desktop dirancang untuk penggunaan bisnis dan karena itu perusahaan sudah siap menginstallnya, sehingga mudah untuk bekerja dengan berbagai program kantor. Ini cukup fleksibel untuk dijalankan pada berbagai perangkat, tapi cukup handal untuk proses yang sangat penting.

 

  • Backtrack

hack-like-pro-getting-started-with-backtrack-your-new-hacking-system.w654

Backtrack dirancang untuk masalah security, dan untuk digunakan oleh para security profesional (dan juga hacker). Didalam Backtrack itu sudah disiapkan ratusan software security yang sudah siap untuk digunakan. Jadi keuntungannya anda tidak perlu lagi mendownloadnya satu persatu, menginstallnya satu persatu, dan mengalamai berbagai kesulitan pada saat instalasinya. Jumlah software yang disertakan dalam BackTrack ini bahkan melebihi 300 buah ! Alasanseperti inilah yang membuat distro BackTrack sangat terkenal dikalangan para hacker. Backtrack juga banyak digunakan oleh para security profesional dalam melakukan pekerjaan profesionalnya seperti melakukan penetration testing (pentest) atau testing kelemahan komputer client, dan tentu saja hacker jahat (cracker) juga tidak ketinggalan menggunakan distro linux yang satu ini.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: