Aplikasi Perkantoran

Apa sih itu Aplikasi Perkantoran? Mengapa sangat penting dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan? Di zaman teknologi yang sudah semakin canggih ini, maka manusia pun semakain cerdas dengan membuat program yang membantu pekerjaaan mereka.

Pembahasan saya kali ini mengenai Aplikasi Perkantoran, yang di bagi menjadi dua, offline dan online. Adapun aplikasi perkantoran berbasis web dan smartphone. Pengguna komputer yang berbeda-beda dalam menggunakan Operating System, seperti Windows, Linux, Mac OS, maka dari itu mereka mempunyai aplikasi perkantoran yang di miliki setiap opearting system nya masing-masing.

Fungsi dari aplikasi perkantoran ini sering di pakai perusahaan dalam membantu pengolahan data, administrasi, bisnis dan lain sebagainya. Misalnya Microsoft Office, yang sudah tidak asing lagi di pakai oleh pengguna Windows untuk pengolahan huruf ataupun angka.

 

Pengertian aplikasi komputer

 

Macam-Macam Aplikasi Perkantoran

 

1. Microsoft Office

Microsoft-Office-2016-for-Mac_thumb800

Sejarah singkat mengenai Microsoft Office perkembangannya dimulai secara resmi pada 19 November 1990 dimana Office for Windows yang juga sering disebut sebagai MS Office 1.0 dirilis untuk digunakan bersamaan dengan Windows 2.0.

Versi Office pertama ini berisi Word 1.1, Excel 2.0, dan PowerPoint 2.0. Software ini di pakai untuk membantu para pegawai kantor dalam pengolahan data berupa huruf maupun angka yang biasa di gunakan dalam perusahaan-perusahaan.

Microsoft Office Word

Sebuah perangkat lunak yang di ciptakan pada tahun 1983 dengan nama Multi Tool Word untuk Xenix Lalu di kembangkan lagi pada tahun 1989 menjadi Microsoft Windows, setelah menjadi bagian Microsoft Office System 2003 dan 2007 lalu di beri nama menjadi Microsoft Office Word.

Microsoft Office Excel

Pada tahun 1987 di luncurkan Excel versi 2.0. Seiringnya waktu, perangkat ini makin berkembang dan mengeluarkan versi 2 tahun sekali. Perangkat lunak berbasis spreadsheet ini sering di gunakan untuk pengelolahan angka (aritmatika), dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik.

Microsoft Office Power Point

Perangkat ini di rilis tahun 1987 versi 1.0 dan di dukung oleh Apple Macintosh. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 Microsoft Office PowerPoint 2007, yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007. Program ini di pakai untuk pembuatan slide presentasi.

Microsoft Office Outlook

Program ini di gunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik, serta menyediakan jadwal kerja, kalender, akses kotak surat, membuat jurnal dan mengatur address book (buku alamat).

 

2. OpenOffice.org

komp-1

Aplikasi perkantoran yang terdapat pada Linux, tetapi bisa juga di pakai dalam Windows. Aplikasi ini di gunakan untuk pengolah kata, spread sheet, penyaji presentasi, dan fitur lainnya.

OpenOffice.org Writer

Aplikasi ini berfungsi untuk mengedit dokumen, format yang bisa digunakan yaitu .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf. Program ini juga dapat membuat memo.

OppenOffice.org Calc

Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.

OppenOffice.org Impress

Program ini di gunakan untuk membuat slide presentasi, yang bisa di lakukan sama seperti Microsoft Power Point.

OppenOffice.org Base

Program ini di gunakan untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan base ini.

 

3. Gnome Office

gnome

Aplikasi ini berada di OS Linux, dengan fungsi sebagai mengkombinasikan komponen office semacam AbiWord, Evolution mail, Gnumeric spredsheet, aplikasi Gnumeric DB ke dalam satu paket aplikasi.

 

4. Corel WordPerfect Office X4

_static_product_content_wordperfect_x6_wpo16_features_formats

Software ini memiliki fungsi sebagai aplikasi Word Processing, spreadsheet, presentasi, note-taking, email, aplikasi grafis, support lebih dari 60 format file, seperti ODF dan file dari Microsoft Office 2007 dan di bawahnya, mampu menangani PDF seperti OCR di PDF, juga merupakan tool yang kuat untuk dokumen yang panjang.

 

5. KOffice

koffice-logos

Software ini di gunakan untuk K Desktop Environment (KDE). Semua komponennya dirilis dengan lisensi open source. KOffice sendiri menggunakan format file ODF untuk menyimpan file, jadi mirip dengan OpenOffice atau LibreOffice. Fungsinya untuk KWord pengolah kata, KSpread pengolah angka (Spreadsheet), KPresenter pengolah presentasi.

 

Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca, dan bisa menambah pengetahuan seputar teknologi.

Halidza Esfandania

I like web design, interior design, and architecture. I will be a technician woman in the future.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: