Aplikasi Download Manager

Download merupakan aktivitas yang paling sering di lakukan oleh pengguna internet saat ini, mulai dari download software, film, lagu, dokumen, dan sebagainya. Ketika kita berbicara tentang download, maka tidak lepas dari software download manager, sangat banyak software yang berserakan di internet, ada yang baik dan ada pula yang biasa-biasa saja.

Kecepatan download merupakan suatu hal yang sangat penting, namun apapun yang anda download terkadang kita sering mengalami permasalahan download yang lambat sehingga memakan banyak waktu, terlebih file yang anda download merupakan file besar. Dengan adanya kebutuhan download seperti ini tentunya kita membutuhkan software download manager tercepat dan terbaik untuk mengatasi permasalahan ini.

Download

 

Pengertian Download

Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user maupun pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau merequest sebuah file dari sebuah komputer lain lalu menerimanya. Proses download dapat melalui web server, FTP server, mail server, dan server lainnya.

 

Pengertian Aplikasi Download Manager

Bagi anda yang punya hobi downloading, aplikasi download manager sudahlah tidak asing lagi bagi kalian. Download manager adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai tempat untuk mengorganisir file yang akan didownload atau diunduh dan memanajemen server untuk mengunduh.

 

Fungsi Aplikasi Download Manager

Pada aplikasi download manager kalian akan mendapat kemudahan untuk mengorganisir file yang akan kalian download. Aplikasi download manager juga menambah kecepatan file yang diunduh dengan menggunakan mirror atau kaca, yang pada dasarnya memecah file menjadi beberapa bagian kemudian menyatukannya kembali, sehingga memungkinkan file akan cepat selesai terunduh.

 

Macam-Macam Aplikasi Download Manager

1. Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager

Internet Download Manager atau yang biasa disingkat IDM merupakan Software Download Manager yang sangat populer saat ini, IDM sangat banyak digunakan pengguna internet karena ketangguhannya dalam mempercepat download dan terintegrasi dengan semua Browser.

 

2. Download Accelerator Plus (DAP)

Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus juga cukup populer dikalangan pengguna internet, karena kecepatan downloadnya bisa secepat mungkin tapi bukan berarti akan melebihi bandwidth anda. Secara keseluruhan DAP yang terbaru telah diperbaharui demi mendapatkan kinerja yang optimal.

 

3. JDownloader

JDownloader

JDownloader merupakan Download Manager yang mulai banyak digunakan pengguna internet, kemampuannya terbilang cukup bagus dikarenakan kecepatan dan kemampuan downloadnya di RapidShare, Megaupload, Filesonic, Fileserve, Hotfile dan sebagainya.

 

4. Free Download Manager (FDM)

Free Download Manager

Free Download Manager merupakan salah satu Software Download Manager Terbaik untuk kategori Gratis (Free) dan pihak pengembang mengklaim jika FDM mampu meningkatkan kecepatan download hingga 6x lebih cepat dari download standar anda. Bahkan fitur yang disajikan sangat banyak demi kenyamanan anda dalam mendownload file-file yang besar.

 

5. Xtreme Download Manager (XDM)

Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager atau yang biasa disingkat XDM merupakan tool download manager lainnya yang terbukti ekstrim meningkatkan kecepatan download hingga 500%. Dengan XDM kamu juga bisa menyimpan berbagai format berkas video, audio, PDF, dan lain sebagainya.

 

6. uTorrent

uTorrent

Jika anda menemukan file yang ingin anda download dengan Ekstensi torrent, sebaiknya anda menggunakan uTorrent untuk mempercepat download anda.

Yusuf Eko Winarto

He likes all about Computer, Networking, and Linux. His ambitions is to be a Network Engineer and System Administrator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: