Aplikasi Antivirus

Pernahkah komputer anda terserang virus? Apa yang terjadi? Data anda hilang, rusak atau disembunyikan? Apa reaksi anda? Depresi, bingung atau biasa saja? Pernah mendengar antivirus? Apakah di komputer anda tersedia antivirus? Karena kami telah memposting tulisan tentang hardware, sekarang sudah saatnya kami memasuki masa dimana kami memposting tulisan tentang software. Kali ini antivirus.

1

 

Virus Secara Singkat

Let’s start with the basic. Virus adalah sebuah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri. Virus menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada sebuah program dan dokumen lain. Konsep virus diperkenalkan oleh Fred Cohen pada tahun 1985. Terdapat banyak jenis virus seperti worm, Trojan, spyware, backdoor dan lain-lain. Untuk lebih lanjut dapat dilihat di “Wikipedia
2

Antivirus

Antivirus atau anti-virus (disingkat AV) adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus umumnya berjalan dibackground dan memindai data yang dijalankan.3

 

Sejarah Singkat Antivirus

Pada tahun 1971, virus komputer terdeteksi untuk pertama kalinya. Virus ini kemudian dinamai “Creeper Virus”. Creeper Virus kemudia dihancurkan oleh program “Reaper” yang dibuat Ray Tomlinson. Orang-orang mengatakan bahwa Reaper merupakan antivirus komputer pertama, tetapi perlu diketahui bahwa Reaper merupakan virus yang dibuat oleh menghancurkan Creeper Virus. Pada tahun 1986 virus komputer yang pertama kali menyebar luas adalah virus Brain. Pada 1987 Andreas Luning dan Kai Figge mendirikan G Data Software dan meluncurkan antivirus pertama untuk platform Atari ST. Sejak saat itu muncul banyak antivirus.

4

 

Cara Kerja Antivirus

Terdapat dua cara dalam pendeteksian virus yaitu

Sandbox Detection

Sandbox Detection adalah teknik pendeteksian perilaku program melalui virtual environtment (dunia virtual). Antivirus akan mendata perilaku program dan menentukan apakah program tersebut jahat atau tidak.

5

Data Mining Techniques

Data Mining adalah teknik pendekatan virus dengan mengklasifikasi perilaku sebuah file baik jinak ataupun jahat menggunakan beberapa fitur dari antivirus itu sendiri.

6

 

Fitur-Fitur Antivirus

Terdapat fitur-fitur dasar di dalam antivirus beberapa diantaranya:

Signature-Based Detection

Fitur ini menggunakan database yang terdapat di dalam antivirus. Fitur ini akan melihat program mencurigakan dan mencocokan datanya pada databasenya.

Heuristics

Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi program mencurigakan atau virus terbaru yang tidak terdapat di dalam database antivirus. Heuristics analysis akan mengecek program tersebut menggunakan teknik sandbock detection untuk memastikan apakah program tersebut merupakan virus atau bukan.

Rootkit Detection

Fitur ini akan menghapus malware rootkit. Rootkit adalah malware yang didesign untuk mengambil control admin dari sebuah sistem operasi tanpa terdeteksi.

Real-Time Protection

Real-Time Protection atau RTP merupakan fitur antivirus yang memberi proteksi terhadap sistem komputer secara nyata (Real Time) jadi segala hal yang masuk ke memory (eksekusi file) semuanya akan diproteksi oleh antivirus.

Fitur-fitur tambahan

Antivirus modern dapat melindungi BHO’s, hijackers, ransomeware, keylogger, backdoors, adware dan lain-lain. Antivirus modern juga dapat melindungi komputer dari serangan komputer lain berupa Malcious URLs, spam, phishing botnet DDoS dan lain-lain. Antivirus juga melindungi komputer dengan memberikan fasilitas firewall, cloud antivirus, internet protection dan lain-lain.

7

Fungsi Antivirus

Dari pemaparan diatas, tentu sudah diketahui apa fungsi dari antivirus. Antivirus berfungsi untuk melindungi komputer dari virus.

Permasalahan Dari Penggunaan Antivirus

Banyak masalah dari penggunaan antivirus. Seperti salah deteksi, virus baru, masalah lisensi antivirus berbayar, efektivitas dari antivirus, ketidakmampuan sistem komputer dan lain-lain.

8

 

Macam-Macam Antivirus

Saya belum menggunakan semua antivirus yang ada, tetapi saya dapat merekomendasikan beberapa antivirus terfavorit menurut saya

1. Avira Free Antivirus

9

2. Bitdefender Free Antivirus

10

 

3. Kaspersky Antivirus11

Tentu penilaian diatas merupakanpenilaian yang subjektif dan berasal dari satu pihak. Maka daripada itu kami akan memberikan penilaian-penilaian antivirus dari pihak-pihak lain

 

13

 

 

15

 

14

 

12 (2)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: